Pernah merasakan seperti Jatuh saat tidur? Ini penyebabnya


Sakmadyone.COM - Jika kalian membuka halaman ini pastinya kalian orang yang penasaran atau bahkan orang yang pernah mengalami seperti terjatuh di saat tertidur. Hal ini juga sudah di alami banyak orang yang biasanya akan membuat orang tersebut seperti ada hentakan yang tiba secara mendadak di tidurnya. Kejadian seperti ini di namakan "Hypnic Jerk", yaitu dimana kondisi tubuh yang bereaksi secara tiba-tiba mengalami kejang atau kedutan saat kita sedang memasuki tidur yang lebih dalam. Jangan khawatir, hal ini bukan merupakan sebuah gangguan yang serius.

Ada salah satu teori yang menyatakan penyebab Hypnic Jerk adalah ketika kita sedang tertidur di bagian otak kita masih lanjut bekerja. Otak bisa saja mengalami sebuah kesalahan kecil saat menafsirkan otot dalam kondisi yang rileks. Kondisi tersebut menandakan kita seperti terjatuh, karena otak memberikan sinyal ke otot untuk menjadi tegang.

Apa Penyebab Hypnic Jerk?

Umumnya penyebab dari fenomena dalam tubuh ini meliputi beberapa hal, antara lain Stress, Rasa Cemas, Kelelahan, Perasaan tidak nyaman, Hingga konsumsi Kafein.

Jika kalian termasuk orang yang sering mengalami Hypnic Jerk, berikut ini cara untuk menghindari Hypnic Jerk agar tidak sering terjadi pada kalian. Tidurlah yang cukup, jangan sampai kalian stress. Jika kalian bekerja dengan fisik yang berat tentunya akan membuat kalian kelelahan, jadi beristirahatlah dengan cukup dan meminum banyak air putih. Kuasai diri anda, jangan mudah cemas dan panik. Kalian pasti juga sering mengkonsumsi Kopi, oleh karena itu kalian juga harus mengatur dosis Kopi atau Kafein dalam tubuh kalian.

Ingat kapan terakhir kalinya kalian Pijat? Jika sudah lama sekali kalian sudah tidak menjalani Pijat, nampaknya kalian harus meluangkan sedikit waktu di sela-sela kesibukanmu untuk memanjakan tubuh kalian di tukang Pijat. Dengan Pijat ini dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang.

Itulah pentingnya kita menjaga kesehatan tubuh walaupun kita sedang sibuk-sibuknya bekerja. Mulailah gaya hidup sehat dan teratur dengan mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan juga mengurangi minuman yang mengandung kadar gula dan kafein yang tinggi. Istrihatat yang cukup dan jika di rasa kalian stress kalian bisa sebentar keluar untuk bermain atau menenangkan fikiran.