Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Advertisement
Advertisement

Pengertian Sugeng Tindak Swargi Langgeng dalam Bahasa Jawa

Ucapan belasungkawa Jawa - Pernahkah kalian melihat atau mendengar seseorang mengucapkan atur belasungkawa Sugeng Tindak Swargi Langgeng Mbah/Pakde? atau ada juga yang mengucapkan Sugeng Tindak Swarga Langgeng Pakde/Mbah.

Lalu apakah kalian tahu sugeng tindak swargi langgeng artinya apa? Dalam bahasa Jawa Kuno, kata swarga artinya yang bersangkutan berada di surga. Lalu kata swargi bisa diartikan merupakan padanan dari kata almarhum.

Ucapan belasungkawa ini paling banyak diucapkan oleh orang Jawa, Khususnya dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Jika kalian masih bingung sama arti bahasa jawa sugeng tindak tersebut, tenang saja, pada kesempatan kali ini Sakmadyone akan menjelaskan arti dari Sugeng Tindak tersebut.

Pengertian Swargi

Swarga langgeng artinya
Swarga Langgeng

Kata Swargi dalam Unggah Ungguh Basa Jawa disebut Basa Krama atau Bahasa Halus dari kata Swarga.

Lalu Swarga apa artinya? Swarga tegese Sorga atau Surga. Jadi arti dari kata Swargi, Swarga atau pun Sorga dalam bahasa Indonesia merupakan kata serapan dari bahasa Sanskerta Svarga atau Surga.

Pengertian Sugeng Tindak

Sugeng itu dalam bahasa jawa artinya Selamat, sedangkan tindak artinya Pergi. Jadi Sugeng tindak artinya Selamat Pergi. Bisa juga diartikan Selamat Jalan.

Pengertian Sugeng Tindak Swargi Langgeng

Disini pengertian Langgeng dalam bahasa jawa artinya Abadi. Jadi tinggal digabung aja Sugeng Tindak dan Swargi Langgeng diatas. Berarti Sugeng tindak swargi langgeng artinya Selamat Pergi Surga Abadi.

Penutup

Ucapan Sugeng tindak Swargi Langgeng tersebut biasa diucapkan ketika sedang melayat atau Takziah. Selanjutnya kalian bisa coba kunjungi Ucapan Belasungkawa Bahasa Jawa untuk mencari Kumpulan Ucapan Belo Sungkowo Bahasa Jawa.

Jadi maksud dan tujuan kata tersebut adalah sebuah do'a dan harapan agar yang meninggal Abadi di Surga.

Baca Juga : Gambar Ucapan Belasungkawa

Related : Hukum Asuransi Menurut Islam ( insurance and islamic law )