Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Advertisement
Advertisement

Asuransi Pendidikan Terbaik dan Terpercaya di Indonesia - Best Education Insurance in Indonesia

Asuransi Pendidikan yang paling Bagus di Indonesia -- Asuransi pendidikan pendidikan untuk buah hati terbaik menawarkan tabungan dana pendidikan dan juga perlindungan jiwa.

Tidak beda dengan asuransi kesehatan, asuransi pendidikan tentuna juga harus dipersiapkan, khususnya buat kalian yang sudah mempunyai anak demi masa depan yang terjamin.

Tidak hanya jaminan pendidikan, asuransi jenis ini juga sangat bagus untuk perencanaan keuangan demi kondisi finansial yang terproteksi atau terlindungi di masa yang akan datang.

Ada beberapa pertimbangan menggunakan asuransi pendidikan, salah satunya adalah karena biaya pendidikan tentunya naik setiap tahun. Lalu hal inilah yang belum disadari oleh banyak orang, sehingga mengabaikan pentingnya asuransi untuk pendidikan anak.

Selain tidak mau mengeluarkan uang untuk asuransi, salah satu alasannya karena biaya preminya dirasa cukup tinggi atau mahal. Pada kesempstan kali ini, Sakmadyone.com akan membahas secara lengkap  tentang asuransi pendidikan. Silahkan simak rangkuman dibawah ini.

Apa itu Asuransi Pendidikan?

Asuransi Pendidikan anak adalah produk yang digunakan untuk perlindungan dan juga investasi untuk anak sebagai pihak terjamin atau ahli waris pemegang polis. Umumnya, asuransi pendidikan juga sudah meliputi asuransi jiwa.

Jika pemegang polis meninggal dunia, maka ahli waris atau anak akan memperoleh beberapa uang pertanggungan dan dana pendidikan berdasarkan perjanjian yang ada dalam polis. Umumnya dana dari asuransi jiwa akan berkembang setelah masuk tahun ke-enam.

Apa manfaat asuransi pendidikan anak yang bisa dirasakan?

Manfaat Asuransi Pendidikan Anak antara lain,
  1. Menjamin biaya pendidikan anak di masa yang akan datang atau masa depan
  2. Sebagai investasi jangka panjang di masa depan
  3. Bisa juga dimanfaatkan sebagai asuransi jiwa.

Catatan, ketika anak berganti jenjang pendidikan, perusahaan asuransi biasanya juga akan memberikan biaya pendidikan sekian persen, setiap perusahaan berbeda-beda ketentuannya.

Cara Memilih Asuransi Pendidikan yang tepat

Ada beberapa poin penting dalam memilih Perusahaan Asuransi Pendidikan, yaitu

Riwayat Perusahaan dan Produk Asuransi Pendidikan Anak

Cara memilih asuransi pendidikan anak yang bagus yakni, kalian harus riset atau cari tahu terlebih dahulu tentang track record perusahaan asuransi ataupun produk asuransi pendidikan anak yang ada. Apakah perusahaan asuransi itu cukup kredibel atau tidak.

Selain itu, kalian juga harus cari tahu apakah perusahaan asuransi itu sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuanga. Kalian juga bisa lihat apa saja testimoni dari pesertanya.

Apabila kalian memilih asuransi pendidikan anak menggunakan jasa agen, pastikan terlebih dahulu agen tersebut sudah memiliki dan terdaftar lisensi dari Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) untuk produk asuransi regular dan Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) untuk produk asuransi  Syariah. Umumnya agen asuransi ini akan membantu kalian menemukan produk yang sesuai kebutuhan dan budgetmu.

Besaran Premi yang Akan Dibayarkan

Agar duit yang ada di asuransi pendidikan itu cukup sampai anak menyelesaikan jenjang pendidikannya, kalian harus cari tahu anak akan disekolahkan di mana dan perlu biaya berapa untuk anak bersekolah di sana. Jangan lupa juga untuk pertimbangkan berapa kenaikan biaya sekolah tersebut disetiap tahunnya.

Lalu setelah itu, kalian bisa menentukan perusahaan asuransi yang bisa diandalkan untuk membantu membiayai pendidikan anak kamu. Cari tahu juga berapa biaya premi yang dibayarkan pada setiap bulan atau tahunnya.

Tidak semua premi asuransi pendidikan itu tinggi. Ada juga perusahaan yang menawarkan dengan harga yang lebih terjangkau.

Catatan, apabila preminya lebih ringan, maka nominal klaim yang bisa kalian peroleh tidak akan terlalu tinggi. 

Waktu Pembayarannya

Kamu juga harus menghitung usia anak sampai kelak dia masuk ke-perguruan tinggi. Umumnya perusahaan asuransi pendidikan memberikan periode term yang cukup panjang, yaitu bisa mencapai 10 tahun. Mengetahui skema pembiayaan asuransi pendidikan ini sangat berguna agar kalian bisa mengetahui sampai kapan harus menggunakan asuransi pendidikan anak ini.

Daftar Asuransi Pendidikan yang bagus dan terpercaya di Indonesia

Asuransi Pendidikan terbaik di Indonesia

Berikut ini Perusahaan Asuransi Pendidikan Terbaik dan Terpercaya di Indonesia, dikutip dari Qoala.

Manulife

Manulife dikenal dengan produk asuransi yang bagus. Salah satunya adalah asuransi pendidikan yang diberi nama Manulife Education Protector dan berjenis unit link.

Artinya, produk ini tidak hanya memastikan masa depan sang anak saja, akan tetapi juga untuk berinvestasi di produk-produk investasi Manulife. Antara lain, Manulife Dana Ekuitas Syariah, Manulife Dana Ekuitas Manulife Dana Pasar Uang, dan lain lain.

Manulife Education Protector masa pertanggungannya berlaku sampai tertanggung berusia 70 th. Pembayaran preminya juga fleksibel, karena kalian bisa memilih jangka waktu, bisa 5 tahun dan 10 tahun, sesuai dengan rencana pendidikan dan usia masuk anak.

Nasabah juga bisa mendapat dana pendidikan sampai dengan 170% dan diberikan sesuai dengan usia masuk sekolah anak, yaitu sebesar persentase dari target dana pendidikan.

Selain itu, apabila orangtua sebagai tertanggung meninggal dunia atau cacat total tetap, nasabah akan mendapat dana sebesar nilai polis ditambah lagi 100% target dana pendidikan (tergantung dari tertanggung dan waktu tutup usia atau cacat total tetap). Manulife Education Protector ini minimum premi yakni sebesar Rp. 5.000.000 per tahun.

BCA

Asuransi pendidikan terbaik dan terpercaya di Indonesia selanjutnya adalah EDUPLAN atau Proteksi Edukasi Maksima  dari Bank BCA. Produk ini merupakan hasil kerja sama antara BCA dengan perusahaan asuransi asal Hong Kong.

EduPlan adalah produk asuransi dwiguna yang dapat membantu orang tua mempersiapkan kebutuhan dana pendidikan anaknya. Kalian bisa memilih pembayaran premi dalam waktu 3, 10 hingga 15 tahun.

Nasabah juga bisa mendapat jaminan manfaat asuransi jiwa hingga pendidikan sebesar 200% dari uang pertanggungan ketika anak berusia 18 - 21 tahun. Pihak tertanggung akan mendapatkan pembebasan pembayaran premi apabila pemegang polis menderita cacat tetap total atau meninggal dunia.

Nasabah juga bisa mendapatkan manfaat akhir polis apabila tertanggung masih hidup sampai akhir masa asuransi dan polis masih berlaku. Keuntungannya lainnya, kalian berkesempatan besar untuk mendapatkan bonus tahunan dan bonus akhir polis. Besarannya premi Proteksi Edukasi Maksima tergantung umur masuk tertanggung dan uang pertanggungan.

Sequis

Sequis memiliki produk asuransi pendidikan terbaik bernama Edu Plus. Edu Plus merupakan kerja sama dengan Bank BRI. Produk ini siap memberikan jaminan dana pendidikan dan juga keselamatan jiwa. Nasabah cukup membayar premi selama 10 tahun dan bisa menikmati asuransi sampai 16 tahun lamanya.

Nasabah juga akan mendapat dana pertanggungan sebesar 150% apabila tertanggung meninggal dunia bukan karena kecelakaan dan apabila tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan akan mendapat dana pertanggungan sebesar 200%.

Dana pendidikan akan dibayarkan sesuai dengan jadwal, bila tertanggung hidup dalam masa pertanggungan asuransi dan pertanggungan masih aktif. Besaran premi Sequis tergantung pada umur masuk tertanggung dan uang pertanggungan.

Mandiri

Selanjutnya, Perusahaan Asuransi Pendidikan terbaik adalah Mandiri. Kalian bisa mempertimbangkan Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera, produk asuransi pendidikan andalan dari Bank Mandiri. Adapun manfaatnya antara lain:
  • Manfaat asuransi tambahan berupa uang pertanggungan atas risiko penyakit kritis dan risiko cacat tetap
  • Perlindungan biaya dana pendidikan kuliah anak dan uang sekolah
  • Manfaat pembebasan kewajiban membayar premi terhadap risiko penyakit kritis dan risiko cacat tetap total bagi pemegang polis atau tertanggung
  • Loyalty bonus seumur hidup mulai dari tahun ke-7 sampai usia 100 tahun

BNI

BNI Life juga mempunyai asuransi pendidikan yang diberi nama Solusi Pintar. Produk ini mempunyai dana pendidikan yang bertahap, mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah, SMA dan sampai perguruan tinggi.

Besarnya uang pertanggungan:
  1. SD sebesar 20%
  2. SMP sebesar 30%
  3. SMA sebesar 40%
  4. Perguruan Tinggi sebesar 100%
Untuk besaran pertanggungannya, Nasabah bisa menyepakati dengan pihak bank BNI. Masa pembayaran preminya berkisar 9 tahun hingga 17 tahun dan maksimum sampai pihak tertanggung berusia 65 tahun.

Jika tertanggung meninggal dan polis masih berlaku, ahli waris akan mendapatkan 100% uang pertanggungan, polis bebas premi dan dana Pendidikan tetap dibayarkan sesuai jadwal. Ada juga asuransi tambahan seperti personal accident (Kecelakaan Diri), personal health dan term life.

Prudential

Prudential juga memiliki asuransi pendidikan anak terbaik yang diberi nama PRUlink Edu Protection. Nasabah cukup membayar minimum premi sebesar Rp. 500.000 per bulan.

Asuransi ini akan memberikan proteksi atau perlindungan untuk anak sekaligus orang tua dalam satu polis. Keuntungannya yang bisa kalian dapat sampai anak berusia 18 hingga 25 tahun.

PRUlink edu protection memiliki masa perlindungan hingga pihak tertanggung cacat total sebelum berusia 70 tahun dan meninggal dunia dengan batas usia 99 tahun.

Produk ini memberikan proteksi atau perlindungan untuk orang tua dan anak sekaligus dalam satu polis yang komprehensif. Produk dari Prudential ini juga diklaim bisa mengimbangi dampak inflasi karena setiap 3 tahun sekali manfaat bulanan akan naik sebesar 15% dari nilai manfaat bulanan awal.

Itulah tadi produk asuransi pendidikan yang aman dan terbaik di Indonesia pada tahun 2021. Semoga bermanfaat

Related : Hukum Asuransi Menurut Islam ( insurance and islamic law )