Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pengertian dan Urutan Hari Pasaran Jawa Pon Wage Kliwon Legi Pahing

Pancawara atau biasa orang Jawa menyebutnya Pasaran atau Sepasar. Pasaran atau Pasaran artinya adalah 5 hari. Jadi pengertian dari pancawara yaiku Nama dari sebuah minggu atau pekan yang terdiri dari lima hari.

Pengertian dari Pancawara / Pasaran

Pasaran jawa pon wage kliwon legi pahing

Pancawara adalah sebagai hari atau dino pasaran Jawa karena beberapa pasar tradisional zaman dahulu hanya buka pada dina pasaran tertentu saja, misalnya Pasar Pon dan Pasar Legi di Solo yang hanya buka pada Hari Pasaran Legi dan Pon saja dalam satu minggu kalender Jawa.

Dalam sistem penanggalan Bali dan Jawa, terdapat dua macam siklus waktu: siklus pasaran dan siklus mingguan. Jadi dalam siklus pasaran, satu pekan terdiri dari 5 hari pasaran saja. Berikut ini Nama-nama dan urutan hari pasaran atau dalam sistem pancawara tersebut adalah:

  1. Pahing
  2. Pon
  3. Wage
  4. Kliwon
  5. Legi

Selanjutnya, siklus mingguan, satu pekan terdiri dari 7 hari, Nama-nama hari mingguan tersebut adalah:

  1. Senin
  2. Selasa
  3. Rabu
  4. Kamis
  5. Jumat
  6. Sabtu
  7. Minggu

Dalam Kalender Jawa, tiap hari dan tanggal dalam sistem kalender Masehi selalu memiliki dua macam nama hari. Misalnya:

  • 1 Januari 2022 adalah hari Sabtu - Paing
  • 2 Januari 2022 adalah hari Minggu - Pon
  • 3 Januari 2022 adalah hari Senin - Wage
  • 4 Januari 2022 adalah Selasa Kliwon
  • 5 Januari 2022 adalah Rabu Legi
  • 6 Januari 2022 adalah Kamis Paing, dan seterusnya.

Arti Pahing, Pon, Wage, Kliwon, Legi

Pahing pon wage kliwon legi adalah nama pasaran pada kalender Jawa dan Bali. Berikut ini sedikit pengertian dari nama hari pasaran atau pancawara tersebut yang kita kutip dari Wikipedia.org

1. Pahing / Paing

Pahing atau Paing adalah nama hari dalam pancawara atau sepasar atau lima hari. Hari pasaran Pahing berkaitan dengan letak posisi Selatan ( Kidul ) dan warna merah. Pahing memiliki neptu/bobot angka 9 .

2. Pon

Pon adalah nama hari dalam pancawara atau sepasar atau lima hari. Hari pasaran Pon berkaitan dengan letak posisi Barat ( Kulon ) dan warna kuning. Pon memiliki neptu/bobot angka 7.

3. Wage

Wage adalah nama hari dalam pancawara atau sepasar atau lima hari. Hari pasaran Wage berkaitan dengan letak posisi Utara ( Lor ) dan warna hitam. Wage memiliki neptu/bobot angka 4.

4. Kliwon

Kliwon adalah nama hari dalam pancawara atau sepasar atau lima hari. Hari pasaran Kliwon berkaitan dengan letak posisi di Tengah dan warna abu-abu. Kliwon memiliki neptu/bobot angka 8.

5. Legi

Legi adalah nama hari dalam pancawara atau sepasar atau lima hari. Hari pasaran Legi berkaitan dengan letak posisi Timur ( Etan ) dan warna putih. Legi memiliki neptu/bobot angka 5.

Related : Hukum Asuransi Menurut Islam ( insurance and islamic law )