Ngeri dengan Fenomena Teror Ular Kobra? Begini cara mencegah Ular agar tidak Masuk Rumah

tips mencegah ular masuk rumah
Cara Mencegah Ular Masuk Dalam Rumah

Akhir-akhir ini Viral beberapa wilayah di tanah air dihebohkan dengan adanya Teror Ular Kobra. LIPI atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia memberikan penjelasan tentang Teror Ular Kobra di Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi, Jember dan masih banyak lagi wilayah di Indonesia yang terkena teror ini.

Teror Ular Kobra yang terjadi di beberapa wilayah ini merupakan fenomena yang wajar. Sebab, awal musim penghujan seperti ini adalah waktu bagi ular kobra betina untuk penetasan telurnya. Fenomena ini merupakan siklus alami dan juga wajar. Sekali bertelur, Kobra Betina bisa menghasilkan 10-20 butir telur.

Ular Kobra betina memiliki tempat favorit untuk bertelur, yakni ditempat yang suhunya lebih hangat dengan tujuan agar anak kobra bisa dapat bertahan hidup, oleh karena itu kenapa pemukiman warga dalam tanda kutip "Mendapatkan Teror Ular Kobra" dikarenakan suhu dipemukiman tersebut lebih hangat dan cocok digunakan sebagai tempat penetasan telur.

Oleh karena itu kini heboh karena banyak sekali anak kobra yang menetas di pemukiman warga, bahkan di kamar mandi ataupun di masjid.

Seperti yang diketemukan di Jakarta Barat, dimana belasan anak ular kobra di temukan dalam kloset kamar mandi warga Kembangan, Jakarta Barat. Delapan Belas ekor anak kobra tersebut awalnya diduga berada di bekas kolam hingga akhirnya menjalar ke kloset kamar mandi warga.

Di Sukoharjo, Jawa Tengah, juga di ketemukan anak ular kobra sebanyak tiga puluh satu ekor anak ular kobra pada sebuah lipatan karpet didekat mimbar Masjid At Taqwa, Perum Griya Adi, Palur, Mojolaban, Sukoharjo.

Awalnya pada hari Sabtu 7 Desember 2019, beberapa jamaah hendak menunaikan ibadah sholat Ashar, dan di temukannya seekor ular kobra di karpet dekat mimbar.Tapi setelah di cek pada lipatan karpet ternyata di temukan ular kobra lagi.

Pastinya kalian juga waswas jika nanti ular kobra masuk rumah kalian. Namun jangan khawatir, kami akan membagikan bagaimana cara mencegah ular kobra masuk rumah. Perlu anda ketahui, jika menyebar atau menaburkan garam ternyata tidak efektif mencegah ular masuk rumah, sebab ular kobra tidak takut sama garam. Lalu bagaimana cara agar ular kobra tidak masuk rumah? Simak cara mencegah ular kobra masuk rumah dibawah ini

Cara Mencegah Ular Masuk Rumah


1. Menggunakan Kapur Barus atau Kamper

Kapur barus merupakan zat padat yang memiliki aroma yang kuat dan khas. Haluskan kapur barus lalu taburkan di sekitar rumah. Aroma dari kapur barus ini dipercayai dapat mencegah masuknya ular masuk kedalam rumah

2. Perhatikan Lingkungan Sekitar

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, Ular Kobra akan menetaskan di tempat yang Lembab. Oleh sebab itu pastikan lingkungan tempat tinggal kalian tidak lembab dan juga bersih. Cek saluran air dan juga tumpukan sampah di sekitar kalian.

3. Pengharum Ruangan

Jika ruangan anda khususnya kamar mandi belum ada Pengharumnya, silahkan berikan Pengharum di Kamar mandi anda, sebab Ular Kobra tidak suka terhadap bau bau wangi yang sangat menyengat.

4. Keset

Sisik ular itu sangat sensitif, jadi taruhlah keset yang permukaannya kasar di depan pintu rumah untuk mencegah ular masuk kedalam rumah. Selain itu kalian juga bisa menggunakan tali ijuk untuk mengusir ular, karena tekstur tali ijuk juga tidak disukai oleh ular.

5. Tumpukan Kayu

Jika di sekitar rumah kalian ada banyak tumpukan kayu, lebih baik di pindahkan saja, sebab di tumpukan kayu itu merupakan tempat yang nyaman untuk bersembunyi bagi ular.


Lalu bagaimana jika hal yang tidak kita inginkan terjadi? atau ular sudah masuk kedalam rumah? Yang pertama tentunya tidak boleh panik. Kalian dapat menyemprotkan minyak wangi atau wewangian di sekitar ular tersebut. Intinya ular itu tidak suka dengan bau wangi yang menyengat.

Jangan sekali-kali kalian menggunakan tangan kosong untuk menaklukan ular, ingat kalian bukan profesional di bidang itu. Sayangi diri anda, lebih baik secepatnya laporkan atau minta bantuan kepada damker atau pemadam kebakaran untuk penanganan ular tersebut.