Widget atas

Kumpulan 5 Mitos Ayam Berkokok Malam Hari Yang Terkenal Di Kalangan Masyarakat Indonesia

Mitos Ayam berkokok tengah malam - Orang tua dan sesepuh jaman dahulu sangat mempercayai hal-hal ghaib, termasuk mitos ayam berkokok di malam hari. Mereka para tetua menghubung-hubungkan kokok ayam jantan sebagai firasat akan terjadi sesuatu. Biasanya peristiwa tersebut mengandung unsur mistis sehingga bisa membuat masyarakat ketakutan.

Nah, berikut ada 5 mitos terkenal tentang ayam jantan yang berkokok di malam hari.

apa tanda ayam berkokok diatas jam 12 malam
Rahasia Ayam Berkokok tengah malam

1. Ada Malaikat Lewat Saat Ayam Berkokok Pada Dini Hari

Jika Anda Muslim, tentunya pernah mendengar hadist tentang ayam yang berkokok di malam hari. Berikut penjelasan ayam berkokok tengah malam dalam islam. Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim menyebutkan bahwa jika ada ayam jantan berkokok, hendaknya memanjatkan doa kepada Allah. Disebabkan ayam tersebut telah melihat malaikat. Sementara jika mendengar ringkikan keledai, hendaknya memohon perlindungan kepada Allah karena keledai itu telah melihat setan.

Sekian tahun berlalu dan ilmu pengetahuan modern telah menemukan sesuatu yang unik pada ayam. Tahun 2010, sebuah jurnal ilmiah yaitu Jurnal Public Library Of Science ONE mempublikasikan hasil penelitiannya mengenai mata ayam. Pada retina mata ayam, terdapat sel kerucut yang dapat mengolah panjang gelombang dari warna dan cahaya yang berbeda. Hal inilah yang membedakan mata ayam berbeda dengan manusia dan hewan lainnya.

Kemampuan retina mata ayam tersebut bisa memungkinkan ayam bisa melihat “sesuatu” yang tak bisa terdeteksi oleh mata manusia bahkan saat gelapnya malam. Sedangkan makhluk Allah seperti malaikat tentunya memiliki tingkatan cahaya yang berbeda pada mata ayam. Ayam yang berkokok ketika sedang melihat malaikat muncul, mungkin saja kaget serta sebagai peringatan bagi manusia. Percaya atau tidaknya tentang hal ini terserah pada kepercayaan Anda.

2. Tengah Malam Tiba-Tiba Ayam Tetangga Berkokok? Hati-Hati Didatangi Makhluk Halus

Tepat jam 12 malam, Anda terbangun karena mendengar suara kokok ayam tetangga. Terbayang di pikiran, bahwa itu merupakan pertanda bahwa ayam melihat hantu. Lalu apa tanda ayam berkokok diatas jam 12 malam ? Menurut mitos, ayam berkokok di malam hari itu bisa saja benar tapi bisa saja tidak. Menurut cerita beredar, makhluk halus memang suka keluar pada saat gelap. Tapi kalau dilihat dari penjelasan ilmiah di atas mengenai retina mata ayam, bisa saja terjadi. Malaikat dan hantu umumnya adalah makhluk tak kasat mata yang memang tak bisa dilihat oleh manusia.

3. Waspada Maling Saat Ayam Berkokok Di Malam Hari

Kalau ada maling saat ayam berkokok di malam hari, ini lebih masuk akal. Bisa jadi saat maling tersebut beraksi, ayam-ayam di kandang pada kaget dengan kehadirannya. Ayam-ayam itu lalu berkokok sebagai refleks atas kedatangan maling yang asing bagi ayam. Hendaknya Anda selalu waspada termasuk di rumah sendiri.

4. Terdapat Ular Di Dekat Ayam Yang Berkokok

Mitos ayam yang berkokok di malam hari karena kehadiran ular cukup logis. Sama halnya seperti maling, ular dianggap sebagai makhluk asing yang bisa membuat ayam ketakutan sehingga berkokok. Selain itu, malam hari adalah waktu yang pas bagi ular untuk berburu mencari makanan. Dalam rantai makanan, ular yang memang binatang karnivora memang kerap memakan ayam. Apalagi di daerah pedesaan, warga yang memelihara ayam di kandang rumah bisa menjadi sasaran empuk ular.

5. Pertanda Akan Ada Orang Hamil Di Luar Nikah

Mitos yang satu ini kerap disandingkan dengan suara ayam yang berkokok di malam hari. Termasuk hal yang tidak masuk akal di jaman modern seperti saat ini. Kokok ayam jantan tidak ada hubungannya dengan orang hamil, baik di luar nikah maupun sudah terikat dengan pernikahan. Ayam yang berkokok biasanya karena telah melihat sesuatu di sekitarnya yang membuatnya takut dan kaget. Kokok ayam jantan juga bisa menjadi naluri alamiah sang ayam dalam melindungi dirinya dengan musuh. Kehamilan yang tak wajar tidak bisa dideteksi hanya dengan mengandalkan mitos ayam berkokok di malam hari.

Itulah kumpulan Mitos mitos yang berkembang di kalangan masyarakat seputar ayam berkokok tengah malam. Sekali lagi kembali pada diri kita masing-masing, mau mempercayai mitos ini apa tidak. "Baca Juga Mitos-Mitos yang lain di halaman" Kumpulan Cerita Mitos di Indonesia