Widget atas

7 Mitos Kejatuhan Cicak

Indonesia sebagai negara timur yang erat dengan berbagai destinasi wisatanya yang menarik juga memiliki beragam mitos yang telah dipercaya sejak nenek moyang secara turun menurun. Mitos-mitos di Indonesia dan Destinasi Wisata tersebut salah satunya ialah berasal dari budaya Jawa. Terdapat Mitos ketiban / kejatuhan Cicak di Jawa.

kejatuhan cicak menurut islam pertanda apa
Mitos Kejatuhan Cicak

Hewan melata yang satu ini cukup sering dan banyak dengan mudah bisa ditemui berada di sekitar rumah tempat tinggal, terkadang secara tidak sengaja kita juga sering melihat cicak jatuh di lantai. Dengan demikian cukup besar juga peluang kemungkinannya untuk bisa kejatuhan hewan cicak tersebut pada saat berada di rumah sehari-hari. Cicak dipercaya memancarkan energi yang negatif, meski kehadirannya di rumah kadang bisa membantu mengurangi jumlah nyamuk. Nama latinnya sering disebut sebagai Cosymbotus platyurus, cicak tembok itu termasuk hewan reptil.

Aneka Mitos ketiban/kejatuhan Cicak


Dipercaya secara turun temurun jika suatu saat kejatuhan hewan melata cicak ini maka itu adalah suatu pertanda tertentu sebagai berikut.

1.Kejatuhan Cicak di Tubuh

Secara umum jika kejatuhan cicak maka itu dianggap sebagai suatu pertanda buruk, yakni seperti akan ada anggota keluarga yang akan meninggal, atau kehilangan, kesialan dan juga kemalangan, dan nasib buruk yang akan segera menimpa, kecuali jika kejatuhan cicak di tangan, maka ini justru dipercaya sebagai pertanda baik, yakni akan memperoleh pekerjaan baru yang menguntungkan atau kelancaran finansial dan lain sebagainya. Juga jika cicak jatuh di pantat maka ini berarti akan mendapat teman baru atau hal yang justru positif.

Di Eropa, cicak yang merayap di tangan diartikan bahwa orang tersebut akan menolong banyak orang. Cicak sebenarnya memiliki tangan dan kaki yang mampu mencengkeram dinding rumah dengan kuat namun adakalanya pada saat melompat bisa saja lalu menjadi terjatuh.

2. Kejatuhan Kotoran Cicak

Jika mengalami kejatuhan kotoran cicak, maka mitosnya adalah bahwa akan segera mengalami sakit yang parah. Kondisi kesehatan akan bisa langsung menurun dengan drastis. Mitos ini kemungkinan benar jika tidak segera mencuci kotoran yang melekat, sehingga bisa saja lalu membuat tubuh terkontaminasi dan lalu mengalami jatuh sakit. Oleh karenanya segeralah untuk mencuci bagian tubuh yang terkena pada saat ketika kejatuhan kotoran cicak, sebagaimana jika terkena kotoran yang lainnya.

3. Cicak Jatuh di Dekat Tubuh

Jika cicak jatuh tapi tidak mengenai bagian tubuh satupun, yakni hanya jatuh di dekat sekitar tubuh maka ini dipercaya sebagai pertanda bagus, yakni terhindarnya dari bencana dan malapetaka atau nasib buruk.

4. Cicak Jatuh di Kaki

Hal ini dipercaya bisa membuat kerugian finansial, dan berbagai kehilangan, atau menjadi sulitnya arah kehidupan ke depan dalam waktu dekat.

5. Cicak Jatuh di Pundak atau Punggung

Jika hal ini terjadi maka mitosnya dipercaya akan timbul beban berat dan masalah besar yang akan segera terjadi yang harus dihadapi. Nasib sial akan segera terjadi. Bisa berupa kehilangan atau tertipu atau keributan dan berbagai masalah berat lainnya yang cukup membebani pikiran.

6. Cicak Jatuh di Paha

Ini juga dipercaya sebagai pertanda kesialan dan keburukan yang akan segera terjadi, yakni berupa kehilangan orang yang terdekat atau yang disayangi. Hilangnya bisa akibat kematian atau pergi jauh atau perpisahan yang lainnya seperti putusnya hubungan atau perceraian yang diawali dengan pertengkaran hebat dan perselisihan dan lain sebagainya.

7. Cicak Jatuh di Kepala

Kejatuhan cicak di kepala artinya adalah akan Segera mengalami kehancuran dan nasib buruk, seperti kerugian secara material, kehilangan atau kematian anggota keluarga, kehilangan pekerjaan dan lain sebagainya.

Apakah mitos kejatuhan cicak itu benar? Mitos ketiban / kejatuhan Cicak tersebut bisa dipercaya atau tidak. Namun cukup banyak juga yang sudah membuktikannya. Cara penangkalnya adalah dengan berdoa agar dijauhkan dari hal-hal yang buruk. "Baca Juga Mitos-Mitos yang lain di halaman" Kumpulan Cerita Mitos di Indonesia