Widget atas

Mitos Mitos Yang Membatalkan Puasa Ini Sempat Dipercayai Semasa Kecil. Anda Salah Satunya?

Tak hanya tentang hantu, mitos mitos yang membatalkan puasa juga beredar di kalangan masyarakat. Anak-anak kecil umumnya sering terprovokasi oleh mitos ini. Biasanya untuk menakut-nakuti atau sebagai bahan candaan kepada bocah-bocah yang baru belajar puasa. Berikut 8 daftar mitos mitos apa yang membatalkan puasa. Apakah Anda salah satunya yang sempat mempercayainya?


Apakah berkumur membatalkan puasa?

Berkumur merupakan salah satu langkah dalam berwudhu. Umat muslim dianjurkan untuk bersungguh-sungguh ketika berkumur dan menghirup air saat berwudhu. Namun hal ini tidak berlaku saat sedang berpuasa. Ketika berpuasa, berkumur-kumurlah dengan sewajarnya. Jangan terlalu berlebihan karena bisa menyebabkan air masuk melewati saluran kerongkongan atau hidung. Jadi berkumur di saat puasa itu sah-sah saja, asalkan tidak dengan sengaja meminum airnya.

Puasa Bisa Bikin Badan Jadi Langsing

Badan menjadi langsing saat berpuasa bisa saja mitos bisa saja tidak. Saat berpuasa, kita tidak mengonsumsi apapun selama lebih dari 12 jam. Mungkin karena hal inilah orang-orang menganggap bahwa puasa bisa menurunkan berat badan. Menjadi langsing bahkan berat badan bertambah saat berpuasa bisa saja terjadi. Ini tergantung pada asupan makanan yang masuk ke tubuh Anda selama berbuka dan sahur.

Percuma saja Anda berharap langsing jika saat berbuka Anda menjadi lapar mata dan akhirnya kalap menyantap semua hidangan. Belum lagi ditambah menu saat sahur. Maka, tetaplah atur porsi makanan saat berpuasa. Cukupi kebutuhan energi Anda selama berpuasa dengan makanan tinggi serat dan bergizi seimbang. Serta jangan lupa untuk tidak berlebihan saat makan.

Jangan Menangis, Nanti Puasanya Batal

Menangis adalah hal lumrah bagi setiap manusia. Entah menangis karena sedih ataupun bahagia. Namun, apakah menangis saat berpuasa bisa menyebabkan puasa menjadi tidak sah? Jawabannya tidak. Itu hanya mitos. Air mata yang keluar sama halnya dengan keringat yang keluar dari pori-pori kulit. Anda bebas menangis saat berpuasa jika memang diperlukan dalam meluapkan emosi di hati. Akan tetapi, menangis bisa menjadi sebuah dosa jika Anda dengan sengaja menjilat atau memasukkan air mata Anda ke dalam mulut.

Keramas Saat Puasa Terasa Segar. Hati-hati Batal, Lho!

Keramas saat puasa apalagi di tengah teriknya matahari memang menyegarkan. Merupakan sebuah anjuran dari Nabi Muhammad agar umat muslim menjaga kebersihan tubuh. Salah satunya adalah dengan keramas. Jangan sampai mitos mitos yang membatalkan puasa ini membuat Anda membiarkan rambut Anda tak tersentuh air selama puasa. Selain rambut menjadi kotor, orang-orang di sekitar bisa terganggu dengan kondisi rambut Anda yang tak terawat.

Menelan Ludah Sendiri Menyebabkan Puasa Batal

Entah siapa yang pertama kali menyebarkan rumor sesat ini. Menelan ludah atau dahak dari tubuh sendiri tidak membatalkan puasa. Membasahi kerongkongan dengan menelan ludah adalah hal alamiah pada tiap tubuh manusia. Hal ini juga tak bisa dihindari.


Baca Juga: jadwal imsakiyah ramadhan 2020


Donor Darah Bisa Membatalkan Puasa

Donor darah adalah salah satu tindakan terpuji karena dapat menolong orang lain yang sedang membutuhkan. Donor darah tidak membatalkan puasa. Jadi, Anda bisa mendonorkan darah Anda secara bebas saat berpuasa.

Olahraga Ketika Puasa Bisa Bikin Badan Tak Bertenaga

Rasa lemas saat berpuasa adalah hal wajar. Tapi bukan berarti Anda menjadi enggan beraktivitas dan berolahraga. Untuk menyiasati agar tak lemas saat berolahraga di kala berpuasa, Anda bisa berolahraga ringan selama 30 menit, beberapa saat sebelum berbuka. Anda bisa melakukan olahraga santai seperti senam atau yoga.

Dilarang Kentut Selama Puasa

Kentut merupakan hal normal yang berasal dari hasil pembuangan gas tubuh. Kentut selama berpuasa tidak akan membuat puasa Anda menjadi batal. Bahkan menahan kentut bisa berpotensi menimbulkan penyakit dalam pencernaan karena menahan gas yang merupakan ampas dari metabolisme tubuh.

Jangan cepat dan mudah percaya dengan mitos mitos yang membatalkan puasa yang terlihat tak masuk akal, apalagi seperti yang terakhir Mitos Kentut membatalkan Puasa"