Widget atas

Cara Menyembuhkan Amandel Bengkak Secara Alami Dan Cepat

Sakmadyone - Cara menyembuhkan amandel bengkak secara alami tentu saja bisa dilakukan, karena pada dasarnya bengkaknya amandel adalah proses dimana terjadinya penyusutan pada amandel yang disebabkan oleh bertambahnya usia yang membuat fungsi amandel mulai tergantikan karena sistem kekebalan tubuh kita menjadi semakin kuat. Biasanya radang amandel terjadi pada anak kecil, tapi tidak menutup kemungkinan bisa terjadi pada orang dewasa. Jadi intinya radang yang terjadi pada amandel ini bisa sembuh dengan sendirinya, namun tentunya diperlukan beberapa cara agar amandel sembuh.


Cara Agar Amandel Sembuh Secara Alami

cara menyembuhkan amandel dengan buah

Radang amandel atau dalam bahasa medis disebut tonsilitis secara umum menurut kedokteran dikarenakan oleh bakteri dan virus yang ketika masuk ke tubuh akan mengalami gejala sakit ketika menelan, tenggorokan sakit, badan panas, hingga telinga sakit. Jika kamu pergi ke dokter, biasanya akan diberikan semacam antibiotik yang berfungsi untuk menghilangkan bakteri di dalam tubuh. Namun sebelum kamu membawa si kecil ke dokter yang tentunya harus mengeluarkan biaya, ada baiknya kamu mencoba cara menyembuhkan amandel bengkak secara alami. Lalu gimana cara menghilangkan amandel ? silahkan simak cara jitu menghilangkan amandel di bawah ini.

Banyak Minum Air Putih

Cara menyembuhkan amandel bengkak secara alami yang pertama adalah dengan banyak-banyak minum air putih, karena saat amandel terasa sakit asupan cairan sangat dibutuhkan agar tenggorokan kita tidak kering yang malah bisa menyebabkan amandel semakin meradang. Jadi, apabila kamu merasa tenggorokan kamu sakit perbanyaklah minumlah air putih, tapi maksudnya bukan langsung minum satu galon air putih ya, kalau seperti itu bisa-bisa perut jadi kembung.

Minum Teh Campur Jahe

Selain air putih, minum teh hangat juga terbukti ampuh loh. Tapi admin sarankan untuk mencampurnya dengan jahe. Selain untuk menghangatkan tubuh, rebusan air jahe dan teh juga dipercaya bisa mengatasi radang amandel. Caranya kupas dan cuci jahe sampai bersih, setelah itu jahenya dikeprek dan masukkan ke dalam panci yang telah diisi air, aduk hingga mendidih dan saring air campuran jahe dan teh tadi ke dalam gelas, setelah itu celupkan teh hingga warnanya berubah, dan minum selagi hangat.

Berkumur Dengan Air Garam

Cara jitu menghilangkan amandel bengkak secara alami berikutnya adalah berkumur-kumur dengan air yang dicampur dengan garam. Garam yang digunakan boleh garam halus ataupun garam kasar, tapi dari pengalaman radang amandel yang pernah dialami, saat itu admin menggunakan garam kasar yang dilarutkan ke dalam satu cangkir air hangat hingga garamnya benar-benar larut. Setelah itu berkumur-kumurlah namun dengan posisi kepala mengadah ke atas agar air garamnya menyentuh amandel. Setelah dirasa cukup, buang airnya. Lakukan dengan rutin agar rasa sakit pada amandel berkurang.

Air Rebusan Bawang Putih

Bawang putih sudah sejak lama dipercaya memiliki kandungan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, anti bakteri dan juga anti oksidan. Mungkin cara mengobati radang amandel dengan bahan alami yang satu ini jarang dilakukan karena rasa bawang putih yang kurang enak. Namun tidak ada salahnya dicoba. Caranya adalah dengan merebus dua siung bawang putih selama tiga menit, kemudian saring ke dalam gelas, agar rasanya tidak terlalu menyengat, kamu bisa mencampurkan madu ataupun perasan jeruk nipis. Minum selagi hangat.

Istirahat Dengan Cukup

Cara jitu menghilangkan amandel bengkak secara alami yang terakhir adalah dengan berdiam diri di rumah alias istirahat yang cukup. Hal ini perlu dilakukan karena memperbanyak istirahat bagi penderita amandel sangat diperlukan tubuh untuk melawan infeksi dari bakteri maupun virus. Jika kamu terkena radang amandel ada baiknya jangan dulu melakukan aktivitas berat yang menguras tenaga.