Widget atas

Jam Buka, Fasilitas, dan Harga Tiket Masuk Dusun Semilir Eco Park Semarang

Sakmadyone - Dusun Semilir Eco Park pasti masih terdengar asing di telinga teman-teman. Objek wisata yang berlokasi di kecamatan Ngemplak, kota Semarang, Jawa Tengah ini memang baru diresmikan pada bulan Mei 2019, jadi masih tergolong baru. Tempat wisata ini menyajikan keindahan berupa stupa yang mirip seperti stupa Candi Borobudur, tapi bukan itu saja, masih banyak keindahan lain yang bisa kamu temui di Dusun Semilir ini.

Objek wisata di Semarang ini dikelola oleh PT Dusun Semilir sebagai pemilik utama dengan konsep wisata keluarga yang saat ini baru dibangun sekitar 20% dari luas lahan 20 hektar. Baru dibangun 20% saja indahnya sudah luar biasa, apalagi kalau sudah 100% ya? Pengunjung pasti bakalan betah. Di sini para wisatawan bisa mempelajari berbagai macam peninggalan yang ada di Indonesia. Selain itu wisatawan juga bisa berswafoto, jalan-jalan dan menikmati berbagai macam kuliner di both-both yang sudah disediakan.


Harga Tiket Masuk Dusun Semilir

Sebagai tempat wisata yang menyajikan keindahan bagi para pengunjung, harga tiket masuk Dusun Semilir Eco Park bisa dibilang sangat murah yakni hanya Rp 5.000 untuk satu orang. Dengan harga tiket segitu kamu bisa sepuasnya jalan-jalan dan berfoto-foto tanpa dikenakan biaya tambahan.

Namun untuk bisa menikmati makanan dan membeli souvenir kamu harus membeli tiket khusus dengan minimal top up Rp 50.000 dengan rincian Rp 10.000 untuk biaya top up dan Rp 40.000 sebagai saldo yang bisa kita digunakan, karena di sini tidak berlaku pembelian menggunakan uang atau cashless.

Sementara buat kamu yang menggunakan kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat, Rp 2.000 untuk motor, dan Rp 10.000 untuk bus atau kendaraan sejenisnya. Jangan takut nggak kebagian tempat, karena di sini tempat parkirnya sangat luas.

Wahana dan Fasilitas

Walaupun pembangunannya masih 20%, tapi fasilitas di sini bisa dikatakan cukup lengkap untuk standar tempat wisata. Selain ada both-both dan food court yang menjajakan berbagai macam makanan dan souvenir, di sini ada toilet yang bersih dan musholla yang nyaman buat umat muslim melaksanakan ibadah. Untuk daftar menu yang ada di Dusun Semilir, kamu nggak akan kehabisan pilihan, karena menunya sangat banyak dan lengkap.

Pengunjung dari luar kota ataupun luar negeri yang ingin bermalam disediakan penginapan yang bernama Dusun Villa yang saat ini masih dalam tahap pengerjaan. Namun kalau ingin menginap di hotel, tak jauh dari lokasi wisata ada Hotel Griya Wijaya dan Hotel Bawen Indah.

Di Dusun Semilir ada beberapa wahana yang mesti kamu coba, seperti Banyu Biru, Kandangan, Alun Eropa, Dolanan, Alas Angonan, Museum Nyeni, Prosotan, hingga Jalan Kenangan. Kamu bisa follow Instagram @dusunsemilir untuk informasi selengkapnya seputar wahana tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Nggak heran objek wisata ini sudah dikunjungi oleh banyak wisatawan meskipun baru dibuka, lokasi yang strategis dan akses lokasi yang nyaman menjadi alasannya. Dusun Semilir Eco Park terletak di Jl. Soekarno-Hatta No.49, Ngemple, Kelurahan Bawen, Kecamatan Ngemplak, Kota Semarang, Jawa Tengah. Perjalanan dari pusat kota Semarang bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 35 menit. Nggak perlu khawatir nyasar, karena objek wisata ini begitu megah dan terlihat sangat mencolok.

Penutup

Buat kamu yang menyukai suasana malam ataupun yang ingin berlama-lama di sini nggak perlu khawatir karena objek wisata ini buka dari jam 09:00 sampai dengan 21:00 WIB. Menurut berbagai sumber Dusun Semilir di malam hari terlihat lebih indah dan mempesona yang menambah suasana romantis di tempat ini. Melihat antusiasme wisatawan, admin prediksi beberapa tahun ke depan Dusun Semilir Eco Park akan menjadi tempat wisata favorit di kota Semarang.