Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Advertisement

Mau bayar hutang puasa ramadhan ? Begini niat mengganti Puasa Ramadhan

Niat puasa ganti ramadhan - Tidak terasa bulan puasa 2023 semakin dekat. Bulan Ramadhan 2023 jatuh pada tanggal 23 Maret 2023. Kalian harus mengingat-ingat kembali, apakah saat bulan puasa tahun sebelumnya puasa kalian bolong-bolong, atau tidak menjalankan Puasa Ramadhan dengan beberapa alasan, terutama wanita, pasti harus meninggalkan Puasa Wajib ini karena suatu hal.

Nah...bagi yang masih berhutang puasa Ramadhan tahun sebelumnya, jangan lupa di bayar ya. Cara membayar hutang puasa ramadhan yang lalu atau sudah bertahun ada dua, yaitu dengan cara Berpuasa Qodho ( puasa ganti ) dan membayar fidyah.

Niat puasa ganti ramadhan
Niat Puasa qodho

Jika kalian ingin membayarnya dengan Puasa Qodho, caranya sama seperti Puasa pada umumnya. Dengan membaca niat puasa qodho di malam hari-sahur-tidak makan minum dari sholat subuh sampai adzan maghrib-berbuka puasa.


Niat puasa kodo / Niat mengganti puasa ramadhan

Nawaitu shouma ghodin ‘an qadaa’in fardho ramadhoona lillahi ta’alaa.

Artinya: ”Saya niat puasa esok hari karena mengganti fardhu Ramadan karena Allah Ta’ala.”

Niat berbuka puasa ganti ramadhan

Allahumma Lakasumtu Wabika Aamantu Wa’alaa RizqikaI Afthortu Birohmatika Yaa Arhamar Roohimin.

Artinya: ”Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Jika kalian tidak bisa membayarnya dengan Puasa Qodho, maka kalian dapat membayarnya dengan cara Fidyah. Fidyah yaitu Mengganti atau Menebus. Cara membayarnya yaitu dengan memberi makan fakir miskin selama jumlah hutang puasanya.

Apakah ada batasan waktu untuk mengganti Puasa Ramadhan?

Sebenarnya tidak ada batasan waktu untuk mengganti hutang puasa ini. Namun ada beberapa pendapat dari ulama. Seperti yang disebutkan dalam Hadits Riwayat Abu Dawud yang artinya: dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW besabda, “bila hari memasuki pertengahan bulan Syaban, maka janganlah kalian berpuasa,” HR Abu Dawud.

Walaupun berbeda-beda pendapat tentang waktu untuk mengganti hutang puasa ini, namun banyak yang menganjurkan untuk cepat menggantinya setelah bulan ramadhan selesai dan jangan sebelum bulan puasa tahun setelahnya datang.

Jadi gimana sedulur? Sudahkah kalian membayar hutang puasa ramadhan di tahun sebelumnya? Kalau belum mari kita bayarkan hutang puasa yang belum terbayar.

Baca Juga:
1. Gambar Ucapan Selamat berpuasa bahasa jawa

2. Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2023 Makassar , Surakarta DKI Jakarta dan Surabaya

Baca Juga : Kata kata Idul Adha

Advertisement