Niat Puasa membayar hutang di bulan Ramadhan

Niat puasa mengganti Ramadan - Tidak terasa bulan puasa 2020 semakin dekat. Bulan Ramadhan 2020 jatuh pada tanggal 23 April 2020. Kalian harus mengingat-ingat kembali, apakah saat bulan puasa tahun sebelumnya puasa kalian bolong-bolong, atau tidak menjalankan Puasa Ramadhan dengan beberapa alasan, terutama wanita, pasti harus meninggalkan Puasa Wajib ini karena suatu hal.

Nah...bagi yang masih berhutang puasa Ramadhan tahun sebelumnya, jangan lupa di bayar ya. Cara membayar hutang puasa yang sudah bertahun ada dua, yaitu dengan cara Berpuasa Qodho ( puasa ganti ) dan membayar fidyah.

Niat Puasa Qodho

Jika kalian ingin membayarnya dengan Puasa Qodho, caranya sama seperti Puasa pada umumnya. Dengan membaca niat puasa qodho di malam hari-sahur-tidak makan minum dari sholat subuh sampai adzan maghrib-berbuka puasa.



Doa niat Puasa Qodho:

Nawaitu shouma ghodin ‘an qadaa’in fardho ramadhoona lillahi ta’alaa.

Artinya: ”Saya niat puasa esok hari karena mengganti fardhu Ramadan karena Allah Ta’ala.”

Niat Buka Puasa Qodho

Allahumma Lakasumtu Wabika Aamantu Wa’alaa RizqikaI Afthortu Birohmatika Yaa Arhamar Roohimin.

Artinya: ”Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Jika kalian tidak bisa membayarnya dengan Puasa Qodho, maka kalian dapat membayarnya dengan cara Fidyah. Fidyah yaitu Mengganti atau Menebus. Cara membayarnya yaitu dengan memberi makan fakir miskin selama jumlah hutang puasanya.

Apakah ada batasan waktu untuk mengganti Puasa Ramadhan?

Sebenarnya tidak ada batasan waktu untuk mengganti hutang puasa ini. Namun ada beberapa pendapat dari ulama. Seperti yang disebutkan dalam Hadits Riwayat Abu Dawud yang artinya: dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW besabda, “bila hari memasuki pertengahan bulan Syaban, maka janganlah kalian berpuasa,” HR Abu Dawud.

Walaupun berbeda-beda pendapat tentang waktu untuk mengganti hutang puasa ini, namun banyak yang menganjurkan untuk cepat menggantinya setelah bulan ramadhan selesai dan jangan sebelum bulan puasa tahun setelahnya datang.

Jadi gimana sedulur? Sudahkah kalian membayar hutang puasa ramadhan di tahun sebelumnya? Kalau belum mari kita bayarkan hutang puasa yang belum terbayar.