Widget atas

Kol Goreng Meskipun Nikmat Ternyata Bahaya Bagi Kesehatan

Bahaya Kol Goreng - Kalau makan di warung pecel lele atau ayam penyet sebagian dari kita pasti juga memesan kol goreng, bahkan ada yang beranggapan kalau makan ayam penyet tanpa kol goreng kurang nikmat. Tapi tahukah kamu selain nikmat, kol goreng juga berbahaya bagi Kesehatan? Ya, pada artikel ini kami akan membahas seperti apa efek bagi kesehatan kalau kita makan kol goreng terlalu sering, dan bagaimana seharusnya makanan yang sehat itu.

Sama seperti sayuran lain, kol atau kubis sebenarnya memiliki manfaat baik bagi tubuh, namun manfaat tersebut akan hilang kalau terjadi proses penggorengan. Kandungan B1, B2, B6, vitamin C, vitamin E, vitamin A, dan beta karoten pada kol akan berkurang begitu saja dan berganti dengan zat-zat yang berpotensi menimbulkan sel kanker pada tubuh.

Makan kol goreng bisa menyebabkan kanker? Menurut penelitian hal tersebut dapat terjadi karena minyak yang digunakan saat proses penggorengan merupakan minyak makan yang telah dipakai berulang. Tapi sebenarnya sayuran lain kalau sudah diproses dengan cara digoreng kandungan nutrisi yang ada akan berkurang dan merangsang timbulnya senyawa amina heterosiklik dengan sifat karsinogenik yang dapat memicu kanker. Itulah alasan kenapa makanan sehat seperti salad diproses mentah tanpa dimasak.

Bahaya Kol Goreng Bagi Kesehatan

bahaya kol goreng untuk ibu hamil

Risiko Penyakit Jantung

Sayur kol adalah jenis sayuran yang sangat mudah menyerap minyak dan apabila digoreng dalam minyak panas yang telah dipakai secara berulang akan terjadi proses oksidasi pada kol, dan mengakibatkan radikal bebas-nya meningkat. Proses menggoreng sebenarnya tidak baik buat kesehatan bukan hanya pada kol saja, namun pada bahan-bahan lain juga. Kandungan kolestrol dan lemak jenuh bisa mengakibatkan gangguan kesehatan seperti penyakit jantung.

Bikin Gendut

Buat kamu yang sedang diet atau tidak ingin berat badan bertambah, ada baiknya menjauhi makan-makanan berminyak seperti kol goreng. Sebenarnya makan-makanan yang mengandung minyak berlebih sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak karena terdapat kandungan lemak jahat dan kolestrol yang bikin gendut dan tidak baik untuk kesehatan. Ada baiknya mengkonsumsi sayur kol sebagai lalapan mentah. Meskipun kurang nikmat, kol mentah mengandung banyak manfaat bagi tubuh.

Memicu Timbulnya Sel Kanker

Seperti yang sudah ditulis sebelumnya pada kol yang digoreng mengandung senyawa yang bersifat karsinogenik berupa acrylamide yang apabila dikonsumsi secara berlebih dalam waktu lama akan menyebabkan penyakit kanker yang beragam seperti kanker ovarium, kanker ginjal, kanker tenggorokan, kanker endometrium, hingga kanker paru.

Rentan Terkena Stroke

Kol goreng meskipun rasanya nikmat bisa berbahaya bagi kesehatan, bukan hanya berpotensi terkena penyakit seperti kanker saja, ada penyakit lain yang berbahaya seperti stroke. Alasannya karena konsumsi makanan berminyak dalam jumlah yang tak sedikit bisa meningkatkan kadar kolesterol pada dtubuh, yang lambat laun penyakit seperti stroke akan datang. Jadi, lebih baik kol dikonsumsi mentah, meskipun kurang enak yang penting menyehatkan.

Cara Mengolah Kol Goreng yang Benar


Goreng Kol Dengan Minyak Baru

Tak heran di sebagian warung pecel lele atau ayam penyet, minyak bekas digunakan sebagai minyak untuk menggoreng. Sebenarnya penggunaan minyak bekas ini membawa penyakit yang berbahaya untuk kesehatan. Untuk itu dalam menggoreng kol, ada baiknya menggunakan minyak makan yang baru.

Kol Digoreng Tidak Terlalu Lama

Seperti yang sudah disampaikan, menggoreng kol terlalu lama dapat menyebabkan kandungan nutrisi pada kol hilang, untuk itu usahakan jangan terlalu lama menggorengnya. Kalau dirasa kol yang digoreng sudah agak layu, silahkan diangkat dan di tiriskan minyaknya.

Kol Tidak Dipotong Terlalu Lebar

Kalau kol digoreng hanya sebentar saja, tentu rasanya tidak seenak kol yang digoreng sampai kering. Nah agar kol goreng tetap nikmat, caranya kol dipotong pendek-pendek atau tidak terlalu lebar agar proses penggorengannya bisa cepat.

Setelah tahu ada bahaya yang mengintai di setiap gigitannya, masih mau makan kol goreng? Boleh saja sih makan kol goreng, tapi jangan terlalu sering. Dan agar tubuh tetap prima, imbangi juga dengan mengkonsumsi sayuran yang direbus ataupun sayuran mentah seperti salad yang kandungan gizi dan nutrisinya masih terjaga. Semoga kita semua selalu terhindar dari penyakit-penyakit, dan selalu diberikan kesehatan.