Widget atas

Inilah Wujud Hantu Mariaban dan Hantu Kalimantan Lainnya

Sakmadyone - Hantu mariaban belakang ini banyak dibicarakan oleh warganet karena sosoknya yang terekam sangat jelas melalui video yang diunggah channel Youtube Sceror. Pada video berdurasi hampir satu jam itu terlihat sosok hitam besar berbulu lebat sedang memakan sesajen yang telah dipersiapkan sebelumnya. Video yang diunggah pada 20 Maret 2020 itu telah dilihat lebih dari 1,9 juta views. Belum tahu pasti apakah penampakan hantu mariaban itu asli atau hanya rekayasa belaka. Tapi menurut cerita masyarakat Kalimantan, sosok mariaban wujudnya sangat mirip dengan yang ada di video.

Selain diceritakan sebagai sosok yang sangat menyeramkan, hantu mariaban ternyata banyak dicari oleh masyarakat Borneo karena kabarnya bulu sosok yang mirip dengan genderuwo ini dipercaya bisa digunakan untuk memikat lawan jenis atau istilahnya bulu perindu.

Hantu mariaban diceritakan sebagai sosok berbadan besar, berbulu lebat dengan mata yang berwarna merah menyala. Hantu asli Kalimantan ini dapat dijumpai di pedalaman hutan yang jauh dari pemukiman warga. Selain bulunya yang dapat dipakai sebagai bulu perindu, minyak mariaban juga dipercaya dapat dimanfaatkan sebagai pegangan agar tubuh menjadi kebal.


Cerita dan Wujud Hantu Kalimantan

Kalimantan dikenal sebagai daerah yang kaya akan sumber daya alam, selain itu daerah yang ditunjuk sebagai calon ibukota negara baru ini juga memiliki hantu atau siluman yang tak kalah menyeramkan dari hantu-hantu tanah Jawa ataupun daerah lain yang ada di Indonesia. Berikut daftar hantu Kalimantan yang dapat membuat bulu kudukmu merinding ketika melihatnya.

Hantu Suluh

Hantu suluh atau hantu api adalah makhluk halus sejenis jin yang dikisahkan selalu memegang obor dan mendiami area rawa di hutan karena biasanya dia sangat suka memakan keong. Dari informasi yang didapat, hantu suluh bisa menyerang manusia dengan cara “melemparkan” api hingga area di sekitar terbakar, ketika kita sibuk dengan kobaran api tersebut dia akan menghilang begitu saja.

Hantu Banyu

Hantu asal Kalimantan selanjutnya adalah hantu air atau biasa disebut oleh masyarakat Kalimantan sebagai hantu banyu. Seperti namanya, hantu banyu sering dijumpai di air baik itu sungai maupun danau. Ciri-ciri hantu banyu adalah berwajah menyeramkan dengan mata yang besar, rambut kusut dan tangan mirip seperti tangan katak.

Hantu Pengantin

Selanjutnya ada hantu yang biasa disebut masyarakat tanah Borneo sebagai hantu pengantin. Golongan jin yang satu ini berwujud wanita yang mengenakan pakaian pengantin lengkap dengan riasan yang masih menempel di wajahnya dan berambut hitam tebal. Diceritakan hantu ini dulunya adalah wanita yang dipaksa menikah dengan orang yang tidak disukainya, hingga akhirnya ia memutuskan pergi dari rumah dengan masih mengenakan pakaian pengantin dan menembak dirinya sendiri di atas sebuah pohon. Itulah kenapa pada bagian hidung, kepala, dan tangan hantu ini dipenuhi darah.

Hantu Kuyang

Hantu kuyang adalah hantu asli Kalimantan yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Namun ada yang beranggapan kalau kuyang bukanlah hantu melainkan seorang wanita yang sedang melakukan ritual untuk membuatnya tampil cantik dan awet muda. Wujud kuyang yang sering diceritakan adalah kepala manusia dengan usus, paru-paru, jantung, dan organ tubuh lainnya yang beruraian. Kabarnya kuyang suka meminum darah orang yang baru saja melahirkan.

Hantu Anak Sima

Hantu Kalimantan selanjutnya adalah anak sima. Makhluk halus yang satu ini berwujud seperti bayi yang baru lahir namun dengan gigi tajam dan mata yang menyeramkan. Asal usul hantu anak sima yang admin ketahui, dulunya ada pasangan yang membuang bayi ke dalam hutan hasil hubungan gelap. Karena di dalam hutan sendirian, bayi tersebut menangis dengan kencang hingga mendatangkan takau, sesosok hantu yang menguasai hutan karena merupakan makhluk halus paling kuat.

Setelah itu bayi tersebut “dirawat” oleh takau dan menjadikannya makhluk halus yang suka memakan jantung. Kalau tengah malam kamu mendengar suara bayi menangis, bisa jadi itu adalah anak sima yang sedang mencari mangsa. Nah itu dia beberapa wujud dan cerita hantu Kalimantan yang sangat menyeramkan dan bisa membuat bulu kuduk orang yang melihatnya merinding.