Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Advertisement

Penyebab dan Cara mengatasi sinyal jelek saat hujan

Banyak sekali yang mengeluhkan jika terjadi hujan maka koneksi sinyal menjadi lemah atau jelek. Beberapa pelanggan mengeluhkan kenapa sinyal indosat jelek saat hujan, selain pelanggan indosat, ada juga yang mengeluhkan kenapa sinyal tri jelek saat hujan. Jadi sebenarnya apakah hujan mempengaruhi sinyal wifi?

Kenapa sinyal jelek saat hujan ?

Menurut para ahli, saat kondisi sedang hujan pada dasarnya memang akan mempengaruhi kualitas jaringan di suatu wilayah yang sedang terjadi hujan. Jadi ketika hujan turun atau hujan turun sangat lebat. maka kualitas jaringan akan menurun. Hal ini dilansir dari situs IEEE ( Institute of Electrical and Electronics Engineers ).

Penyebab sinyal jelek saat hujan ?

Cara mengatasi sinyal jelek saat hujan
Cara mengatasi sinyal jelek saat hujan


Ketika terjadi perubahan cuaca seperti Hujan Lebat, Petir dan Awan tebal, maka secara teknis gelombang radio pada layanan oprator selular akan terganggu. Pada saat terjadi hujan atau mendung yang lembab, maka air hujan yang jatuh akan menghambat hantaran listrik, yang tentunya akan menghambat kelancaran pancaran sinyal.

Kenapa hal ini bisa terjadi ? Yaps, hal ini terjadi karena koneksi seluler jangkauannya menjadi tidak rata, yang dimana kecepatan internet menjadi sangat lambat dan kejernihan suara pada saat sedang bertelepon juga terganggu.

Cara mengatasi sinyal jelek saat hujan

1. Mode Pesawat


Fitur ini selain digunakan pada saat kita sedang naik pesawat ternyata fitur Airplane Mode ini bisa digunakan untuk memulihkan kualitas jaringan seluler. Begini caranya, kalian tinggal aktifkan Mode Pesawat ini, ketika sudah di aktifkan diamkan sebentar lalu nonaktifkan lagi Mode Pesawat.

Bagaimana Mode Pesawat ini memulihkan kualitas jaringan seluler? Mode Pesawat ini berfungsi untuk mematikan jaringan internet maupun jaringan provider di smartphone. Saat mode pesawat ini kembali di nonaktifkan, maka mode pesawat ini akan merefresh jaringan sehingga akan dapat kekuatan jaringan yang lebih baik dari kondisi jaringan sebelumnya.

2. Keluarkan Kartu Sim

Cara mengatasi sinyal jelek saat hujan selanjutnya dengan cara mengeluarkan Kartu Sim. Caranya tinggal keluarkan  Kartu Sim dari tray atau tempat kartu sim handphone kalian. Diamkan selama beberapa menit lalu masukkan kembali kartu sim kalian.

Dengan menggunakan metode ini ternyata mampu merefresh pembacaan kartu sim yang nantinya akan mendapatkan kualitas jaringan internet yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

3. Setting Jaringan

Mungkin dilokasi anda berada sekarang minim sinyal, lalu bagaimana cara mengatur jaringannya? Silahkan menuju ke menu Pengaturan atau Setting, Lalu pilih Koneksi atau Connection, lalu pilih Jaringan Seluler. Silahkan otak atik atau ubah Mode Jaringan kalian. Bisa Only 4G LTE, Only 3G maupun Only 2G.

4. Ganti Kartu Sim

Ada beberapa provider yang menjanjikan kualitas internetnya tetap stabil dan sinyalnya tidak akan terganggu walaupun sedang terjadi hujan. Untuk provider sinyal paling stabil itu bisa menyesuaikan dimana lokasi anda berada sekarang.


Cara mengatasi sinyal full tapi internet lemot

Selain karena Hujan atau Cuaca buruk, ada penyebab lain kenapa Internet Lemot walaupun Sinyal Full. Lalu bagaimana Cara mengatasi sinyal full tapi internet lemot dan  apa penyebabnya internet menjadi lemot?

1. Aplikasi

Apakah kalian tidak menyadari ketika kalian membuka banyak aplikasi, kecepatan internet kalian menjadi sangat lambat? Aplikasi yang kalian buka atau berjalan secara bersamaan tersebut ternyata penyebab sinyal menjadi lemot. Kenapa bisa menjadi lemot? Karena aplikasi yang kalian buka secara bersamaan tersebut membutuhkan jaringan internet, lalu jika aplikasi dibuka secara bersama berarti jaringan akan terus menerus dipaksa untuk bekerja, dan hal inilah yang membuat jaringan internet menjadi lemot walaupun sinyal Full.

Jadi lebih baik gunakan aplikasi yang benar-benar sangat dibutuhkan saja saat dibuka secara bersamaan, atau kalian bisa juga menggunakan Aplikasi Lite.

2. Clear Cache

Cache adalah salah satu program mekanisme yang ada pada suatu layanan untuk mempercepat layanan. Namun jika smartphone kalian terlalu banyak cache yang menumpuk maka akan berbanding terbalik atau akan membuat kualitas internet melemah.

Oleh sebab itu alangkah baiknya kalian clear cache di handphone kalian melalui pengelolaan aplikasi. 

3. VPN

Virtual Private Network atau VPN bisa dijadikan solusi untuk mengembalikan koneksi jaringan. Sebab, lemahnya suatu jaringan internet biasanya bisa terjadi karena sedang ada gangguan di suatu wilayah.

Kalian bisa mendownload VPN ini di Google Playstore, namun alangkah lebih baik berfikir terlebih dahulu sebelum menggunakan layanan VPN ini.

Itulah tadi penyebab sinyal jelek saat hujan, Cara mengatasi sinyal jelek saat hujan dan  Cara mengatasi sinyal full tapi internet lemot. Semoga bermanfaat

Baca Juga : Kata kata Idul Adha

Advertisement