Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Resep kolak biji salak Warna warni

Resep Kolak biji Salak - Kolak sangat identik disajikan saat bulan Ramadhan. Bisa dikatakan menjadi menu wajib dalam berbuka puasa. Sebenarnya tidak hanya untuk makanan berbuka saja, masakan yang satu ini tetap nikmat disajikan saat hari-hari biasa atau tidak pada saat bulan Ramadhan.

Masakan ini ada beberapa kombinasi, seperti Kolak Kolak Ubi ( Ungu / Kuning ), Kolak Pisang, Kolak Singkong, Kolak Kacang Hijau, Kolak Biji Salak Warna Warni dan beberapa kombinasi lainnya.
Kolak biji salak warna warni
Kolak biji salak

Masakan Kolak ini berasal dari Minangkabau, Sumatra Barat, Indonesia.

Kolak biji salak Warna warni

Untuk menjadikan warna biji salak menjadi ungu tentunya bisa menggunakan Ubi ungu, untuk menjadikan biji salak warna kuning bisa menggunakan Ubi cilembu dan untuk menjadikan biji salak berwarna hijau bisa menggunakan pasta pandan.

Bahan Bahan

Bahan biji salak ubi ungu dan kuning:
600 gram Ubi ( 2 Ubi Cilembu + 1 Ubi Ungu / Masing masing 200 gram )
180 gram tepung tapioka
1/4 sdt Pasta Pandan
Air secukupnya

Bahan Kuah:
1500 ml air
300 gram gula merah
1/4 sdt garam
3 daun pandan
50 gram gula pasir
400 ml santan

Cara membuat

  1. Kupas Ubi, Cuci sampai bersih
  2. Kukus selama kurang lebih 15 Menit ( Saat kukus, beri jarak antar ubi cilembu dan ubi ungu agar warna tidak bercambur )
  3. Bagi ubi tadi menjadi 3 wadah. ( Ubi Ungu 1 Wadah, Ubi Cilembu 2 Wadah ) Lalu Haluskan
  4. Warna Ungu : Campurkan 1 wadah Ubi ungu yang sudah halus tadi dengan 60 gram tepung tapioka, aduk atau campur sampai rata. Apabila masih bergerindil tambahkan sedikit air dan aduk lagi.
  5. Warna Kuning : Campurkan 1 wadah Ubi cilembu yang sudah halus tadi dengan 60 gram tepung tapioka, aduk atau campur sampai rata. Apabila masih bergerindil tambahkan sedikit air dan aduk lagi.
  6. Warna Hijau : Campurkan 1 wadah Ubi cilembu yang sudah halus tadi dengan 60 gram tepung tapioka dan pasta pandan, lalu aduk atau campur sampai rata. Apabila masih bergerindil tambahkan sedikit air dan aduk lagi.
  7. Bentuk ketiga adonan yang berbeda warna diatas menjadi seperti biji salak atau ibu jari.
  8. Rebus adonan, per warna ya jangan dicampur. Rebus kurang lebih selama 4-5 menit, sampai adonan mengambang. Angkat lalu tiriskan. Lakukan hal yang sama untuk adonan tiap warna lain
  9. Untuk membuat Kuahnya, masukkan air, garam, gula pasir, pandan dan gula merah. Masak hingga larut lalu tambahkan Santan dan masak hingga matang.
  10. Selanjutnya campurkan Biji Salak Warna Warni tadi kedalam Kuah Kolak
  11. Siap disajikan

Penutup

Resep kolak biji salak warna warni ini dari Gadis Fitri Afiana ( @gadis758 ). Jangan lupa bagikan artikel ini ke media sosial kalian ya bund