Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Raih keutamaan Ramadhan, lakukan 4 amalan ringan berpahala sangat besar ini

Amalan ringan berpahala besar -- Nabi Muhammad selalu memerintahkan umatnya untuk menghidupkan bulan suci Ramadhan dengan amal saleh. Pesan Rasulullah, celaka orang yang menjalani Bulan Suci Ramadhan dan melewati Bulan Ramadhan tersebut tapi dalam keadaan dosa-dosanya belum diampuni.

Untuk raih keutamaan Ramadhan, lebih baik kita menjalankan amalan saleh, meskipun terbilang ringan akan tetapi berkesinambungan ( Istiqamah ).

Amalan Ringan berpahala Besar

amalan kecil berpahala besar

Apa saja sih amalan amalan kecil berpahala besar dan hadits tentang amalan ringan berpahala besar tersebut? Berikut ini amalan ringan, akan tetapi memiliki pahala besar.

1. Sholat Dhuha

Dari Abu Dzar Radhiyallaahu 'anhu, Nabi Muhammad shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda: Setiap ruas tulang kalian wajib untuk disedekahi, tahlil, setiap tasbih, tahmid, dan takbir bernilai sedekah, amar ma’ruf nahi munkar bernilai sedekah, dan semua kewajiban sedekah itu bisa ditutupi dengan dua rakaat salat dhuha. (HR. Muslim dan Abu Dawud)

2. Baca Dzikir saat Bangun tidur

Dari Ubadah bin Shaamit, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Barangsiapa yang terbangun dari tidur malam kemudian dia membaca: "Laa
ilaha illallahu wahdahu laa syarikalahu lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa 'ala kulli syai'in qadiir. Alhamdulillah, wa subhanallah, wa laa ilaha illallah wallahu akbar wa laa haula wa laa quwwata illa billah"

( Tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah SWT semata tiada sekutu bagi-Nya, milik-Nyalah seluruh kerajaan, milik-Nyalah segala pujian, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Segala puji milik Allah, Mahasuci Allah, tiada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah, Allah Mahabesar. Tiada daya dan kekuatan kecuali dari Allah ).

kemudian dia beristighfar atau berdoa maka akan dikabulkan. Jika dia berwudhu kemudian salat dua rakaat maka salatnya diterima. (HR. Al-Bukhari dan Abu Dawud).

Jangan lupa juga untuk membaca dzikir setelah sholat, sholat sunah maupun wajib.

3. Baca Subhaanallahi wa Bihamdihi Subhaanallaahil 'Adzim

Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Ada dua kalimat yang dicintai oleh Allah, ringan di lisan, dan berat ditimbangan: (yaitu bacaan) "subhaanallahi wa bihamdihi subhaanallaahil 'adzim 

yang artinya Mahasuci Allah dan dengan memujiNya, Mahasuci Allah Yang Mahaagung. (Sahih, HR Al-Bukhari)

4. Sholat Jamaah di Masjid

Dari Abu Umamah, Nabi Muhammad shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda: Barangsiapa yang keluar dalam keadaan suci, menuju ke masjid untuk melaksanakan salat berjama'ah maka pahalanya seperti pahala orang yang sedang haji dalam keadaan ihram. (Hasan: HR. Abu Dawud)

Tag: amalan ringan berpahala besar syekh ali jaber, amalan ringan berpahala besar rumaysho, buku amalan kecil berpahala besar.

Itulah tadi 4 amalan ringan berpahala besar dan hadis amalan ringan berpahala besar. Jangan lupa bagikan artikel ini kemedia sosial kalian yaa.