Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Rahim

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Rahim
manfaat kunyit asam bagi wanita - Kunyit atau Kunir adalah tanaman obat dan rempah-rempah asli dari wilayah Asia Tenggara, Tanaman obat-obatan ini tersebar ke wilayah Indonesia, Malaysia, Australia dan bahkan sampai Afrika. Kunyit memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan badan atau tubuh. Taukah kamu jika ternyata kunyit juga bisa untuk merawat atau menjaga kesehatan rahim?

Namun ada juga efek samping jika terlalu banyak mengkonsumsi kunyit ini. Berikut ini manfaat kunyit untuk kesehatan rahim dan efek samping kunyit jika digunakan dalam dosis yang tinggi:

  • Manfaat Kunyit / Kunir untuk Kesehatan Rahim

    1. Dapat mencegah Kanker Rahim
    Kanker Rahim dapat dicegah dengan Kunyit yang memiliki bermacam kandungan.

    2. Mengatasi Keputihan
    Bagi kalian yang mengalami keputihan, jangan khawatir, Keputihan ternyata bisa diatasi dengan Kunyit.

    3. Mengurangi Perih saat Haid
    Bagi kalian yang sering merasakan perih saat haid, jangan khawatir karena mengkonsumsi Kunyit dapat mengatasi atau mengurangi perih saat haid.

    4. Mengontrol Haid
    Jika anda mengalami Haid tidak lancar, anda dapat menggunakan Kunyit ini untuk membantu memperlancar Haid kalian, sehingga kalian memiliki jadwal haid yang teratur.

    Penggunaan Obat-obatan kunyit ini ternyata ada aturannya, jangan sampai anda melebihi dosis penggunaan obat ini yang nantinya akan menimbulkan efek sampingnya.

    Inilah dosis yang dianjurkan oleh University of Maryland Medical Center dari berbagai bentuk kunyit ( bagi orang dewasa ) :

    1. Akar yang kering, bubuk = 1-3gram perhari
    2. Akar yang masih segar = 1,5 - 3gram perhari
    3. Extrak Cairan (1:1) 30 sampai 90 tetes sehari
    4. Bubuk Standart, buatan dari pabrik = 400 sampai 600mg, 3 kali perhari
    5. Tingtur [ konsentrat extrak herbal yang dibuat dengan menggunakan alkohol dan potongan tanaman herbal ] , (1:2) = 15 sampai 30 tetes, 4 kali sehari

  • Efek Samping Kunyit atau Kunir

    1. Dapat menimbulkan ruam yang akan terasa Gatal
    Penggunaan kunyit yang melebihi dosis dapat menimbulkan ruam yang akan terasa gatal.

    2. Detak Jantung tidak Normal
    Ada sebuah laporan menyebutkan jika seseorang mengkonsumsi kunyit dengan dosis yang tinggi, lebih dari 1500mg 2x sehari, akan mengalami detak jantuk yang tidak normal atau abnormal.

    3. Lambung
    Jika anda mengkonsumsi kunyit sewajarnya atau tidak melebihi dosis, tentu akan aman bagi lambung anda. Tapi jika anda mengobati kondisi yang sudah kronis dengan kunyit ini, misal sendi yang sakit atau radang sendi maka hal tersebut berpotensi menyebabkan masalah di lambung dan saluran cerna.

    4. Kunyit bagi Ibu Hamil
    Jika kunyit digunakan sebagai bumbu masak masih aman, namun Ibu Hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi kunyit dikonsumsiini sebagai obat atau suplemen. Efeknya bisa merangsang ke rahim untuk masuk ke siklus haid, kondisi seperti ini tentu sangat berbahasa bagi perkembangan janin didalam rahim
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel