Widget atas

Inilah Manfaat Jahe dan Sereh Bagi Tubuh

Manfaat jahe dan sereh untuk diet - Meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh dirasa sangat penting agar tubuh tetap prima dan tahan dari segala macam penyakit di tengah kondisi saat ini. Biasanya sebagian dari kita mengonsumsi vitamin yang bisa didapatkan di apotik, tapi tanpa disadari ada begitu banyak bahan alami yang bisa kita andalkan. Salah satunya adalah rebusan jahe dan sereh, kedua tumbuhan jenis rempah ini dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Bukan cuma itu saja, ada banyak manfaat jahe dan sereh yang perlu kamu ketahui.


Manfaat Rebusan Air Jahe dan Sereh

manfaat air rebusan jahe kunyit dan sereh

Membantu Program Diet

Buat kamu yang sedang melakukan program diet, selain mengonsumsi sayuran mungkin bisa diselingi dengan minum air rebusan jahe dan sereh. Selain meningkatkan kekebalan tubuh, air rebusan jahe dan sereh dipercaya bisa mengontrol nafsu makan sehingga sangat membantu untuk orang-orang yang ingin diet tapi memiliki nafsu makan yang tinggi. Dan juga menurut penelitian, air rebusan jahe dan sereh dapat menurunkan kadar glukosa, kolesterol jahat, dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Berfungsi Sebagai Antioksidan

Sereh atau serai adalah jenis rerumputan yang biasanya digunakan sebagai bumbu masak, namun ada manfaat lain yang bisa didapat jika sereh dipadukan dengan jahe. Penelitian mengatakan bahwa kedua bahan itu memiliki fungsi sebagai antioksidan yang ampuh untuk menangkal radikal bebas pada tubuh.

Mengurangi Bau Mulut

Manfaat dari sereh dan jahe yang berikutnya adalah mampu mengurangi bau mulut. Untuk kamu yang sering merasa tak percaya diri ketika mengobrol dengan teman ataupun pacar, mungkin cara ini bisa kamu coba. Sereh dan jahe dipercaya bisa mengurangi bau mulut karena sariawan hingga masalah pencernaan yang kurang baik. Caranya kamu bisa menggunakan air rebusan jahe dan sereh untuk berkumur-kumur.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Banyak pakar dan ahli yang berpendapat sama bahwa mengonsumsi tumbuhan herbal seperti sereh ataupun jahe dapat membuat sistem imun meningkat. Sereh mengandung senyawa citral dan geranial yang berfungsi sebagai anti-inflamasi dan menjaga tubuh dari virus dan bakteri. Sedangkan pada jahe terdapat kandungan antioksidan yang mampu membuat kekebalan tubuh meningkat. Selain dikonsumsi, uap rebusan air sereh dan jahe juga dipercaya ampuh mengatasi hidung tersumbat bahkan flu hingga pilek.

Mengatasi Asam Urat


Manfaat sereh dan jahe yang terakhir adalah mampu mengatasi penyakit asam urat. Sebelum meminum obat dari apotik, ada baiknya mencoba meminum air rebusan jahe dan sereh. Karena selain mampu meningkatkan kekebalan tubuh, tumbuhan yang sering dipakai sebagai bahan masakan ini juga dapat meringankan rasa nyeri dan ngilu yang terasa di persendian.

Meredakan Mabuk Perjalanan dan Masalah Pencernaan

Tak banyak yang tahu kalau kombinasi jahe dan sereh mampu meringankan masalah mabuk laut, darat, maupun mabuk udara. Selain itu jahe dan sereh bisa mengurangi perut mual, sakit kepala hingga mengatasi sakit maag dan masalah pencernaan lain.

Mengeluarkan Racun Pada Tubuh

Bagi orang-orang yang sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat, secara tidak sadar di dalam tubuhnya banyak terdapat kandungan racun yang tidak baik bagi tubuh. Jika dibiarkan begitu saja, bukan tidak mungkin tubuh akan terkena penyakit mengerikan seperti kolesterol, darah tinggi, hingga kanker. Untuk itu perlu minum air rebusan jahe dan sereh agar racun-racun tersebut hilang.

Itulah manfaat jahe dan sereh bagi kesehatan tubuh. Kamu bisa memadukannya dengan gula merah ataupun madu, agar manfaatnya lebih terasa jangan hanya diminum sekali ya, kalau bisa minum secara rutin setiap pagi dan malam.