Widget atas

5 Cara Mengatasi HP Lemot Dengan Mudah Di Rumah

Sakmadyone - Cara mengatasi hp lemot ada banyak pilihan, mau dibawa ke tukang service atau memperbaikinya sendiri? Kalau ke tukang service pastinya harus mengeluarkan biaya, belum lagi hp kita dibongkar yang bisa saja malah menimbulkan kerusakan baru. Untuk itu pada artikel ini admin akan memberitahu cara paling mudah mengatasi hp lemot semua merk android yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Ada banyak faktor yang menyebabkan hp menjadi lambat saat digunakan, selain karena terlalu banyak aplikasi yang terinstall di hp, virus juga bisa menjadi biang kerok lambatnya kinerja hp kamu. Hp yang lemot pastinya membuat kamu jadi tidak nyaman, apalagi kalau kamu suka bermain game mobile yang diharuskan untuk terus lancar agar permainan tetap menyenangkan.


Cara Mengatasi HP Lemot Dengan Mudah

Sebelum kamu mengatasi hp lemot sendiri di rumah, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Ponsel adalah barang elektronik yang kinerjanya dapat berkurang sesuai lamanya pemakaian dan tentu saja cara memakai dan merawatnya juga dapat mempengaruhi kinerja hp. Untuk itu agar ponsel kamu tetap memiliki kinerja yang baik, jangan lupa untuk merawatnya. Cara merawat smartphone yang paling mudah adalah dengan tidak memainkannya saat sedang mengisi daya, tidak meletakkannya di tempat yang terlalu sempit, dan jangan memainkan hp bekerja seharian suntuk agar hp tidak lemot atau mengalami masalah yang lebih parah.

1. Hapus Cache dan Singkirkan Aplikasi dari Recent Button

Cara mengatasi hp lemot yang pertama adalah dengan menghapus cache yang terletak pada tab history atau riwayat. Sebenarnya cache ini cukup penting untuk pengguna smartphone yang malas mengetik situs atau sesuatu yang pernah dicari sebelumnya di pencarian Google, namun cache juga dapat mempengaruhi kinerja hp. Selain menghapus cache pada tab riwayat browser, hapus juga sampah-sampah yang ada di aplikasi. Menyingkirkan aplikasi yang baru kita buka di recent button terkadang bisa menjadi penyebab hp menjadi lambat, untuk itu hilangkan aplikasi tersebut dari recent button.

2. Minimalisir Penggunaan Widget

Widget pada layar depan bagi sebagian orang dirasa penting untuk membuat tampilan android menjadi bagus, selain itu widget juga bisa menjadi solusi bagi pengguna ponsel cerdas yang mager untuk membuka aplikasi. Namun sebenarnya penggunaan banyak widget adalah salah satu penyebab hp lemot. Untuk itu sebaiknya hapus widget yang tidak terlalu penting agar kamu tetap bisa menggunakan ponsel dengan nyaman.

3. Aplikasi Jarang Digunakan? Force Stop!

Google Play dari waktu ke waktu memberikan aplikasi baru baik berupa game ataupun aplikasi lain seperti media sosial, tujuannya jelas agar pengguna tidak bosan. Tapi menurut pengalaman, penyebab lain hp lemot adalah aplikasi yang terinstall di android dan jarang digunakan. Kalau tidak mau menghapusnya, lebih baik aplikasi tersebut dipaksa berhenti agar kinerja ponsel menjadi lancar.

4. Disable Aplikasi Bawaan yang Tidak Pernah Digunakan

Saat kita membeli ponsel android biasanya ada aplikasi random yang sudah terpasang seperti Google Play Music, Hangouts, hingga Ms. Word. Tapi bagi sebagian orang aplikasi tersebut tidak terpakai dan hanya jadi pajangan. Agar kinerja hp menjadi lancar dan tidak lemot, sebaiknya aplikasi yang tidak berguna tersebut di-disable atau dinonaktifkan.

5. Gunakan Aplikasi Pembersih

Banyak aplikasi pembersih yang bisa diunduh di Play Store, kalau bingung kamu bisa mencoba Clean Master yang merupakan aplikasi pembersih populer saat ini. Aplikasi ini berfungsi untuk membersihakan perangkat dari sampah-sampah yang tidak berguna. Gunakan satu aplikasi pembersih saja untuk mengatasi hp lemot.

Jika cara-cara diatas sudah dilakukan tapi masih mengalami kendala, kamu bisa mencoba reset pabrik. Ketika ponsel mengalami gangguan, kita terkadang memiliki inisiatif sendiri untuk mengatasinya, namun jangan sampai melakukan cara yang keliru ya. Bisa-bisa gangguannya malah semakin parah atau bahkan menyebabkan hp menjadi rusak. Selamat mencoba cara-cara di atas, semoga setelah ini kamu bisa mengatasi hp lemot dengan mudah.