7 Mitos Bunga Sedap Malam

Indonesia sebagai negara di Asia dengan penduduk berbudaya timur memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik dan juga aneka mitos yang dipercaya sejak turun temurun. Mitos-mitos di Indonesia dan Destinasi Wisata tersebut cukup menarik. Salah satunya ada Mitos Bunga Sedap Malam. Bunga yang hanya mengeluarkan aroma wangi harumnya pada malam hari tersebut dipercaya sangat dekat kaitannya dengan dunia gaib.

jenis bunga sedap malam

Polianthes tuberosa adalah nama latinnya. Bunga Sedap Malam ini cenderung makin kuat bau harumnya pada saat malam hari, ketika sel-sel daun dan bunganya tidak terganggu dengan paparan sinar matahari yang menyengat. Sebenarnya bunga sedap malam juga berbau wangi pada saat siang hari, namun tidak sekuat baru harumnya ketika di malam hari. Bunga ini mengalami gerak niktinasti, yakni suatu rangsangan yang hanya terjadi ketika suatu objek tidak terpapar oleh cahaya, yakni seperti ketika di malam hari saat minim cahaya terang matahari.

Aneka Mitos Bunga Sedap Malam

Di Eropa bunga ini sering digunakan sebagai bunga tabur untuk pemakaman, dan banyak ditanam di areal pemakaman. Bangsa Astek menyebut bunga ini sebagai omixochitl yakni bunga tulang. Di Indonesia ada beberapa mitos terkait dengan bunga sedap malam ini, akibat pancaran bau harumnya yang makin kuat di saat malam hari.

1. Terkait dengan Kematian

Pancaran harum wanginya dipercaya dapat menenangkan keluarga yang sedang dalam masa berkabung ditinggal mati salah satu anggota keluarganya, sehingga sering kali dihadirkan dalam upacara-upacara kematian.

2. Penangkal Sihir dan Ilmu Hitam

Bunga ini juga dipercaya dapat untuk menjadi penangkal sihir dan ilmu hitam. Caranya adalah dengan menanamnya di halaman depan rumah.

3. Pembawa Rejeki

Jika ada yang melihat bunga sedap malam ini mekar maka dipercaya juga akan membawa keberuntungan, dan bisa mendatangkan rezeki yang tak terduga. Oleh karenanya banyak yang lantas menanamnya di pekarangan dengan harapan bisa menyaksikannya pada saat bunganya bermekaran. Namun bunga yang mekar di malam hari ini pastinya akan menyusahkan kita untuk secara langsung melihatnya mekar.

4. Penanda Kehadiran Mahluk Halus dan Disukai Mahluk Halus

Namun sayangnya dipercaya juga bahwa bunga yang kerap berbau harum kuat di malam hari ini sangat disukai juga oleh makhluk halus, dan jika tiba-tiba ada bau harum bunga sedap malam, maka itu dipercaya juga sebagai penanda akan kehadiran mahluk halus di sekitar tempat tersebut.

5. Media Santet atau Praktik Klenik

Bunga sedap malam juga kerap dipergunakan sebagai media untuk melakukan praktik perdukunan dan erat kaitannya dengan dunia mistis, bersama bunga lainnya seperti kenanga dan melati juga mawar merah. Hal ini erat kaitannya dengan mitos bahwa banyak makhluk halus yang menyukai baru harum bunga sedap malam ini, sehingga dengan menggunakannya sebagai pelengkap bacaan mantra-mantra untuk memanggil makhluk astral maka dipercaya akan mempermudah upaya untuk mendatangkannya.

Baca Juga: Manfaat ari ari kucing menurut islam


6. Dapat Memperpanjang Umur

Ada lagi mitos terkait dengan bunga sedap malam ini yang juga dipercaya dapat membuat panjang umur. Kemungkinan dari efek menenangkan bau harumnya sehingga bisa membuat badan menjadi rileks dan dengan demikian maka tubuh menjadi bugar dan fit serta tidak mudah sakit sehingga bisa panjang umurnya.

7. Bisa Mendatangkan Malaikat

Ada juga yang percaya bahwa bunga sedap malam juga bisa mengundang malaikat untuk datang ke rumah. Namun hal ini sulit untuk dibuktikan kebenarannya.

Mitos tersebut mungkin tidak sepenuhnya benar, timbulnya mitos-mitos tersebut adalah akibat pancaran kuat wanginya yang terjadi pada saat malam hari, ketika kondisi gelap dan berkesan misterius. "Baca Juga Mitos-Mitos yang lain di halaman" Kumpulan Cerita Mitos di Indonesia