Benarkah Potong Rambut Saat Hamil Bisa Berbahaya Untuk Janin?

Sakmadyone - Saat ini banyak beredar mitos di masyarakat yang sudah ada sejak zaman dulu yang dibuat oleh orang-orang di masa lampau. Salah satunya adalah mitos potong rambut saat hamil yang bisa menyebabkan janin cacat atau membahayakan janin yang ada di dalam kandungan, benarkah?

Bagi pasangan yang baru diberikan anugerah berupa kehamilan pasti memiliki banyak pertanyaan seputar larangan ini itu yang katanya pamali kalau dilakukan oleh ibu hamil. Tak terkecuali dengan mitos ibu hamil yang malah membuat si ibu jadi khawatir dan jadinya malah berbahaya buat janin. Semua ibu hamil pastinya menginginkan bayinya lahir secara sehat tanpa kurang satu apapun.

Untuk itu diperlukan pemahaman mengenai gizi, nutrisi, dan pola hidup sehat yang dapat mempengaruhi pertumbuhan si jabang bayi. Sebelum kita lanjut, pada artikel ini akan dibahas penjelasan lengkap seputar potong rambut saat hamil dari sisi medis dan dari sisi mitos yang beredar di masyarakat.

bolehkah suami potong rambut saat istri hamil

Mitos Potong Rambut Saat Hamil

Mitos perihal potong rambut yang berkembang di masyarakat adalah katanya kalau memotong rambut saat hamil kekuatan dalam tubuh bisa hilang dan umur di dunia bisa berkurang karena rambut merupakan bagian tubuh yang begitu berharga yang dapat menyalurkan energi ke tubuh.

Selain itu mitos memotong rambut saat hamil bisa menyebabkan keguguran, komplikasi kehamilan, berbahaya untuk janin, hingga bayi yang terlahir kurang sempurna.

Apa Penjelasan Potong Rambut Saat Hamil Secara Medis?

Kita tinggal di negara yang masih kental tradisi atau pemahaman dari leluhur. Namun di zaman modern seperti sekarang ini kita harus pandai-pandai memilih informasi. Mitos adalah cerita yang kebenarannya belum bisa dibuktikan karena bisa jadi ada kesalahan informasi. Sedangkan penjelasan secara medis sudah diuji oleh orang-orang yang kompeten di bidangnya.

Biasanya saat hamil, si ibu akan merasakan gerah dan tidak nyaman saat usia kehamilam memasuki 15 minggu. Ini merupakan hal yang wajar karena di usia tersebut, rambut akan terlihat lebih tebal yang disebabkan oleh meningkatnya hormon estrogen. Jadi kalau kamu merasakan gejala di atas, nggak perlu khawatir. Intinya menurut medis tidak ada larangan untuk memotong rambut saat hamil.

Potong Rambut Saat Hamil Menurut Hindu

Dalam kepercayaan umat Hindu ada pantangan yang tidak boleh dilanggar. Salah satunya adalah suami tidak diperbolehkan potong rambut saat istri sedang hamil. Menurut cerita, larangan-larangan tersebut adalah petuah yang disampaikan kepada Bhagawan Bergu dari Bhatara Brahma. Kalau sudah menyangkut kepercayaan, menurut admin itu adalah hal mutlak yang tidak boleh dilanggar.

Kesimpulan

Namun sebelum memotong rambut ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk ibu hamil agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, yaitu jangan pergi ke salon yang ramai karena ditakutkan banyak terdapat bakteri yang bisa membahayakan janin dalam kandungan. Mungkin kalau sudah terasa gerah sekali, bisa menyuruh suami untuk jadi tukang potong rambut dadakan. Selain aman juga bisa menghemat biaya. Sebelumnya pastikan kamu memilih gaya rambut yang cocok untuk ibu hamil, ya. Dan yang terakhir gunakan bahan alami tanpa kandungan kimia apabila ingin melakukan creambath saat hamil.

Jadi sudah jelas ya kalau potong rambut saat hamil bisa membahayakan janin itu cuma mitos yang nggak bisa dipercaya dan bertentangan dengan medis. Jadi buat kamu yang baru pertama kali hamil nggak perlu khawatir lagi kalau terasa gerah dan ingin potong rambut. Ada banyak artis yang memotong rambutnya saat hamil, contonya Irish Bella dan Sandy Aulia.