Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Sifat / Watak Seseorang Berdasarkan Weton ( Primbon Jawa )

Sifat berdasarkan Weton - Dalam kepercayaan masyarat Jawa ( Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan sebagian Lampung ), arti dari sebuah peristiwa yang terjadi pada hari tertentu dapat diprediksi dengan menelaah saat terjadinya peristiwa tersebut dalam sebuah siklus hari dalam kalender tradisional.

Dasarnya yaitu moco ing waskito, yang artinya membaca sebuah kejadian dari tanda-tanda ( alam ) atau fenomena yang telah terjadi sebagai panduan untuk memahami setiap peristiwa yang akan terjadi.

Ingatan-ingatan itu lalu dicatat ketika orang mulai mengenal tulisan. Catatan fenomena alam yang polanya telah diuji berulang kali secara empiris, kemudian disusun atau ditata menjadi suatu sistem penanggalan.

Salah satu contoh dari metode peramalan ini dapat ditemukan pada sistem perhitungan naptu pada hari kelahiran Jawa , atau biasa disebut dengan Wetonan. Ada beberapa versi dalam perhitungan naptu weton Jawa ini, antara lain:
  1. Pancasuda
  2. Saptawara/Pancawara
  3. Kamarokam.
Leluhur kita percaya bahwa hari dimana anak dilahirkan akan berpengaruh pada watak, sifat, karakter dan jalan hidup anak itu.

Sejak pada zaman dulu, penghitungan naptu weton Jawa atau sistem penanggalan ini sudah biasa digunakan oleh masyarakat Jawa. Tidak hanya digunakan sebagai penanda hari lahir saja ataupun untuk menggambarkan watak, sifat, karakter dan nasib seseorang, melainkan dapat juga digunakan untuk menentukan masa tanam dan panen, meramal kecocokan jodoh, atau untuk meramalkan hari baik untuk tujuan tertentu. ( Baca : Mitos orang jawa tentang jodoh )

Baca Juga : Ucapan selamat ulang tahun bahasa jawa kromo inggil


Beberapa pakem dalam penghitungan maupun penafsiran dari weton ini sudah mengakar begitu dalam. Berbagai metode, rumus, maupun ketentuan yang diyakini dari generasi ke generasi memiliki makna yang menjadi tuntunan maupun peringatan bagi yang mempercayainya.

Weton anda adalah gabungan dari jumlah hari dalam seminggu (Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu) dengan lima hari pasaran Jawa ( Pon, Wage, Kliwon, Legi, Pahing ).

Perputaran ini berulang setiap ( 7 x 5 ) 35 hari, sehingga menurut perhitungan Jawa, hari lahir anda akan berulang setiap 5 minggu, dan setiap hari kelahiran memiliki pengaruh masing-masing untuk menentukan watak, sifat, karakter, dan nasib anda.

Watak Seseorang Berdasarkan Weton

watak berdasarkan weton jawa
sifat watak berdasarkan weton

Begini cara menghitung dan mengetahui weton lahir menurut Primbon Jawa.

Rumus

Nilai Hari + Nilai Pasaran

Nilai Hari

  • Senin = Nilainya 4
  • Selasa = Nilainya 3
  • Rabu = Nilainya 7
  • Kamis = Nilainya 8
  • Jum'at = Nilainya 6
  • Sabtu = Nilainya 9
  • Minggu = Nilainya 5

Nilai Pasaran

  • Pon = Nilainya 7
  • Wage = Nilainya 4
  • Kliwon = Nilainya 8
  • Legi = Nilainya 5
  • Pahing = Nilainya 9

Contoh

Paijo lahir pada Selasa Legi. Jadi tinggal hitung aja dengan rumus calculator weton diatas, penghitungannya begini. Nilai Hari Selasa adalah 3 dan Nilai Pasaran Legi adalah 5. Tinggal jumlahkan saja menggunakan Rumus yang diatas tadi.

3 + 5 = 8

Lalu bagaimana cara mengetahui sifat / watak seseorang berdasarkan weton?  Simak yang dibawah ini

Sifat Watak berdasarkan Weton

Berdasarkan hitungan Jawa, weton pada diri seseorang mempunyai pengaruh terhadap sifat atau watak seseorang tersebut.

Terlepas akan hal tersebut benar atau tidak, nyatanya hitungan hitungan tersebut sampai saat ini masih digunakan dalam adat Jawa. Misal ketika seseorang mau menikah dan lain sebagainya, dan inilah  watak berdasarkan weton menurut hitungan Jawa.

Hari Minggu

Minggu Kliwon dengan jumlah weton 14, dipercaya memiliki sifat yang angkuh dan suka membanggakan diri sendiri, serta mudah tersinggung. Apabila sedang bertengkar inginnya menang sendiri, tetapi orang dengan weton ini pandai untuk menyimpan rahasia ( dapat dipercaya ) dan seseorang yang hemat.

Minggu Legi dengan jumlah hitungan 10, dipercaya memiliki hati yang keras, Jika ia seorang wanita, maka ia berani terhadap suami, suka membuka aib/rahasia orang lain. Namun ia sangat jujur di dalam mengemban amanat, tidak mudah terpengaruh rayuan orang lain dan pandai menyimpan rahasia rumah tangganya sendiri.

Minggu Pahing dengan jumlah weton 14, dipercaya memiliki sifat yang mudah sekali tersinggung dan mudah bimbang. Apabila ia seorang wanita, maka ia tidak taat terhadap suami namun mempunyai rasa cemburu yang sangat besar. Bukan tipe orang yang suka menghambur-hamburkan uang, tidak boros dan mengerti tanggung jawab.

Minggu Pon dengan jumlah weton 12, dipercaya memiliki sifat keras hati, pemberani namun sangat mudah tersinggung. Tapi ia pandai mengemban amanat, orang yang gemar menolong, sangat menaruh belas kasihan terhadap orang yang sedang kena musibah, terutama terhadap fakir miskin.

Minggu Wage dengan jumlah weton 9, dipercaya mempunyai sifat tidak bisa menyimpanrahasi, pemboros, keras hati dan suka bertengkar. Tetapi ia sangat cerdik, pandai mencari rizki dan suka memaafkan kesalahan orang lain.

Hari Senin

Senin Kliwon dengan jumlah weton 12, dipercaya memiliki sifat cemburuan, suka kalau dipuji. Apabila ia seorang wanita maka ia berani terhadap suaminya, boros dan suka bepergian ( travelling ) dan kurang mengerti tanggung jawab. Namun ia mempunyai sifat suka menolong terhadap orang yang sedang kena musibah.

Senin Legi dengan jumlah weton 9, dipercaya memiliki sifat berhati keras, mudah sekali bimbang dan suka disanjung. Apabila ia seorang perempuan maka ia tidak mau kalah dengan suami, tapi ia suka menerima nasihat dari orang lain, banyak memberi pertolongan dan suka memaafkan kesalahan orang lain.

Senin Pahing dengan jumlah weton 13, dipercaya memiliki sifat keras hati, tidak suka menerima nasihat dari orang lain dan tidak mudah putus asa. Tapi ia juga dipercaya memiliki daya ingat yang sangat baik, serta suka memaafkan kesalahan orang lain yang mengaku bersalah.

Senin Pon dengan jumlah weton 11, dipercaya memiliki sifat mudah tersinggung. Apabila sedang bertengkar, ia tidak mau mengalah dan tidak bisa menjaga rahasia. Apabila ia seorang wanita, maka ia sangat setia terhadap suaminya, tidak pernah ingkar janji, serta dipercaya pandai berhemat.

Senin Wage dengan jumlah weton 8, dipercaya memiliki sifat egois dan tidak mau menerima nasihat dari orang lain. Boros dan tidak pandai menyimpan rahasia, namun ia memiliki pendirian yang kuat dan suka mengalah jika bertengkar.

Hari Selasa

Selasa Kliwon dengan jumlah weton 11,  dipercaya memiliki sifat yang suka membanggakan diri sendiri, banyak bicara dan mudah sekali tersinggung. Namun berhati ramah, dapat memikat hati orang lain, serta dapat mengemban amanah dan bisa dipercaya.

Selasa Legi dengan jumlah weton 8, dipercaya memiliki sifat yang sering kali berbuat kesalahan. Apabila ia seorang wanita, maka ia berani terhadap suami, ceroboh. Tapi ia memiliki pendirian yang teguh, tidak mudah bimbang, hemat serta mudah sadar bila menerima nasehat.

Selasa Pahing dengan jumlah weton 12, dipercaya memiliki sifat yang suka disanjung. Apabila ia seorang wanita maka ia cemburuan dan kurang bisa setia terhadap sang suami, pemboros, tapi berhati ramah serta daya ingatnya tangguh dan teguh pendiriannya.

Selasa Pon dengan jumlah weton 10, dipercaya memiliki sifat berhati keras, sangat mudah tersinggung, bila bertengkat tidak mau mengalah. Apabila ia seorang wanita, terkadang ia berani terhadap suami, tetapi ia sangat menaruh belas kasihan terhadap orang yang sedang kena musibah, sangat jujur, terus terang serta pandai menyimpan rahasia.

Selasa Wage dengan jumlah weton 7, dipercaya mempunyai sifat bila ia wanita sangat mudah cemburu, suka dipuji, berhati keras, namun ia sangat menaruh perhatian terhadap orang yang kena musibah.

Hari Rabu

Rabu Kliwon, dengan jumlah weton 15, dipercaya memiliki sifat yang mudah bimbang, berhati keras dan mudah lupa. Tapi bila ia seorang wanita, maka sangat setia terhadap pasangan atau suami, penghemat, suka menerima nasihat dari orang lain dan mudah bergaul.

Rabu Legi dengan jumlah weton 12, dipercaya memiliki sifat keras hati, sangat mudah tersinggung, tidak pintar menyimpan rahasia dan sangat suka disanjung. Tapi berhati baik, suka menolong terhadap sesama, dan juga banyak menaruh welas kasihan.

Rabu Pahing dengan jumlah weton 16, dipercaya memiliki sifat pemboros, sangat mudah tersinggung, mudah marah, tetapi banyak menaruh belas kasihan terhadap sesama. Serta sangat mudah menerima dan suka memberi serta tahan menerima cobaan.

Rabu Pon dengan jumlah weton 14, dipercaya memiliki sifat yang mudah tersinggung, bila ia seorang wanita, banyak cemburunya dan tidak pintar menyimpan rahasia.Tetapi suka menerima nasihat orang lain, berpendirian teguh serta sangat memikirkan nasib orang lain, terutama bagi orang yang sedang kena musibah.

Rabu Wage dengan jumlah weton 11, dipercaya memiliki sifat yang mudah tersinggung, berhati keras dan tidak pintar menyimpan rahasia. Tetapi ia memiliki sifat yang ramah terhadap sesama, pandai bergaul dan suka menolong orang yang sedang kesusahan.

Hari Kamis

Kamis Kliwon dengan jumlah weton 16, dipercaya memiliki sifat sombong, suka pamer dan suka membanggakan diri sendiri. Tetapi ia memiliki daya ingat yang sangat kuat serta bercita cita tinggi dan mudah menaruh belas kasihan terhadap orang lain yang sedang kesusahan.

Kamis Legi dengan jumlah weton 12, dipercaya memiliki sifat banyak bicara dan mudah tersinggung. Segala sesuatunya menurut kemauan diri sendiri, namun ia bersifat ramah, pandai bergaul serta memiliki pendirian yang teguh.

Kamis Pahing dengan jumlah weton 17, dipercaya memiliki sifat berhati keras, mudah marah dan mudah tersinggung. Suka menolong orang lain, pandai  menyimpan rahasia, tidak mudah bimbang dan berpendirian teguh.

Kamis Pon dengan jumlah weton 15  , dipercaya memiliki sifat yang sangat suka disanjung, mudah tersinggung, serta suka berfoya foya. Namun ia juga termasuk orang yang ramah, memiliki sifat penyabar dan memiliki pendirian yang teguh serta suka mengalah dalam segala sesuatu.

Kamis Wage dengan jumlah weton 12, dipercaya memiliki sifat yang suka berbuat hal tidak baik, pendendam, sangat mudah tersinggung dan berhati keras. Namun ia pandai mengambil hati orang lain, Pandai bergaul dan sangat hemat serta memiliki pendirian yang teguh

Hari Jum'at

Jum'at Kliwon dengan jumlah weton 13, apabila ia wanita maka ia banyak cemburuannya, kehendaknya susah untuk dirubah, tidak pandai menyimpan rahasia, tetapi berhati mulia, pemaaf, suka menerima dan suka memberi serta memiliki daya ingat yang kuat.

Jum'at Legi dengan jumlah weton 11, dipercaya memiliki sifat keras hati, sangat mudah tersinggung, suka dipuji serta kadang kala mudah putus asa. Tetapi ia suka memberi pertolongan terhadap orang lain yang kesusahan, dan sangat tabah dalam menghadapi cobaan.

Jum'at Pahing dengan jumlah 15, dipercaya memiliki sifat yang mudah menerima hasutan, banyak bicara, berhati keras. Namun ia menaruh belas kasihan terhadap orang yang sedang terkena musibah, sangat bijaksana, serta memiliki pendirian yang kuat.

Jum'at Pon dengan jumlah weton 13, dipercaya memiliki sifat kurang pandai menyimpan rahasia, berhati keras, suka disanjung dan sangat mudah putus asa. Tetapi ia penyabar, tahan menerima cobaan, tidak suka mementingkan kepentingan sendiri serta teguh pendirian.

Jum'at Wage dengan jumlah weton 10, dipercaya memiliki sifat mudah tersinggung, mudah bimbang, mudah putus asa, serta tidak pintar menyimpan rahasia. Tetapi ia juga memiliki sifat pandai bersyukur, berhati mulia, mau menerima nasihat orang lain, dan berpendirian teguh

Hari Sabtu

Sabtu Kliwon dengan jumlah weton 17, dipercaya memiliki sifat yang keras hati, bila ia seorang wanita, maka sangat berani terhadap suami, pemboros dan susah diatur. Namun ia juga memiliki sifat belas kasihan terhadap sesama. Pemaaf dan memiliki pendirian yang teguh.

Sabtu Legi dengan jumlah weton 14, dipercaya memiliki sifat yang mudah tersinggung, suka dipuji, berhati keras dan egois. Namun ia juga memiliki sifat pandai menyimpan rahasia, pandai bergaul dan pandai memikat hati orang lain.

Sabtu Pahing dengan jumlah weton 18, dipercaya memiliki sifat yang mudah tersinggung, suka dipuji dan suka berfoya foya. Namun ia pandai bergaul, banyak memberi pertolongan terhadap orang lain dan memiliki daya ingat yang kuat.

Sabtu Pon dengan jumlah weton 16, dipercaya memiliki sifat yang mudah tersinggung, suka berfoya foya, berhati keras. Namun suka menerima nasehat dari orang lain, suka menolong, memiliki daya pikir yang cerdas serta tahan menerima cobaan.

Sabtu Wage dengan jumlah weton 13, dipercaya memiliki sifat suka menuruti kemauan sendiri, suka kalau dipuji, dan bila ia seorang wanita, maka ia berani terhadap suami, serta bersifat serakah, tetapi ia pandai bergaul, rendah  hati, suka menerima nasehat dan pandai menyimpan rahasia.

Itulah beberapa ramalan Watak Seseorang menurut Primbon jawa menurut hari lahir dan hari pasaran ( weton ) yang kami kutip dari Primbon dan Wartajowo.

Benar atau tidaknya, kembali pada pribadi masing masing. Yang jelas semua manusia mempunyai kelebihan dan semua orang mempunyai kekurangan.

Baca Juga : Parikan Jowo Tresno